Lele Raksasa, Ikan yang Menakjubkan

By Eka Kartika, Sabtu, 29 April 2017 | 01:15 WIB
Goonch Catfish – the-goonch-catfish (Eka Kartika)

Ikan lele biasanya panjangnya 25 cm. Tetapi di beberapa negara ternyata pernah ditemukan ikan lele raksasa dengan panjang 1,8 meter. Apakah lele raksasa ini berbahaya bagi manusia?

Lele raksasa benar ada

Apakah lele raksasa itu benar-benar ada? Tentu saja ada. Sebab beberapa negara seperti India, Thailand, Amerika Selatan, bahkan beberapa daerah di Indonesia pun pernah menemukan ikan lele raksasa.

Goonch catfish   

Goonch adalah ikan lele yang berasal dari Sungai Kali, India. Ikan ini dianggap sebagai ikan lele paling berbahaya. Panjangnya jauh dari ukuran normal. Di India, seekor goonch bisa memiliki panjang 1,8 meter dan berbobot 75,5 kilogram. Goonch catfish ini berhasil ditangkap dan diabadikan oleh penangkapnya.

Wels catfish       

Ikan ini asli dari kawasan Eropa Tengah dan Timur. Namun, akibat dilepaskannya beberapa ekor di Eropa bagian barat, maka wels catfish dapat ditemukan juga di Spanyol hinga Inggris. Wels satfish bisa tumbuh hingga mencapai 2,2 meter dan berat 180 kilogram. Sejak abad pertengahan, “monster” air tawar ini selalu digambarkan bahwa ia mampu menelan manusia hidup-hidup.

Mekong giant catfish     

Mekong giant catfish adalah salah satu jenis ikan tawar  raksasa yang terbesar di dunia. Spesies yang terancam punah ini memiliki panjang hingga 3 meter dan berat 300 kilogram. Ikan lele raksasa ini menghuni Sungai Mekong di Thailand.

Red tail catfish

Ikan lele yang memiliki warna merah pada bagian ekornya ini hidup di sungai-sungai Amazon, Orinoco, dan Essequibo di Amerika Selatan. Selain itu juga bisa ditemukan di Brazil dan Venezuela. Ciri khas ikan lele ini adalah kepalanya yang besar dengan tulang tengkorak cukup panjang dan keras. Meskipun berukuran raksasa, tetapi lele ini tidak membahayakan manusia.

Piraiba       

Nah, kalau ikan lele yang satu ini, bentuknya lebih ramping dibanding jenis lele jumbo dan ikan lele raksasa lainnya. Piraiba ini justru menyerupai ikan hiu. Panjangnya bisa mencapai 3,6 meter dan mencapai berat 200 kilogram. Ikan ini diduga pernah memangsa manusia. 

Sareng catfish       

Sareng catfish ini memiliki sifat yang agresif, sehingga dapat membahayakan manusia. Ikan lele jenis ini gemar memangsa bebek, anjing, bahkan juga anak-anak yang main di sungai.