Dunia Bermain di Kolong Tangga

By willa widiana, Senin, 26 Juni 2017 | 01:35 WIB
Salah satu koleksi yang ada di Museum Anak Kolong Tangga. (willa widiana)

Kolong tangga yang satu ini memang istimewa. Di sini, anak-anak bisa berkhayal suka-suka. Tempat bermain yang indah dan penuh warna ini berada di Yogyakarta. Namanya Museum Kolong Tangga.

Museum yang unik

Kolong Tangga adalah sebuah museum khusus anak. Museum ini menyimpan aneka koleksi mainan tradisional dari dalam dan luar negeri. Dinamakan Museum Anak Kolong Tangga karena museum ini letaknya di kolong tangga. Tepatnya, di sebuah ruang kolong tangga lantai dua Gedung Taman Budaya Yogyakarta.

Gratis untuk anak

Museum Anak Kolong Tangga buka setiap hari, kecuali hari Senin. Waktunya dari jam 09.00 – 13.00. khusus Sabtu dan Minggu, buka sampai pukul 16.00.

Anak-anak di bawah 14 tahun, bisa masuk gratis, lo. Tetapi, orang dewasa tetap harus membayar Rp.2.500,00. Murah, kan? Uang itu dikumpulkan untuk membiayai perawatan museum.

Ribuan koleksi

Pak Rudi Corens adalah pemilik koleksi mainan Museum Anak Kolong Tangga ini. Pak Rudi adalah seniman warga negara Belgia yang tinggal di Yogyakarta. Dialah pendiri museum ini.

Pak Rudi memiliki sekitar lima ribu koleksi mainan di rumahnya. Namun, yang dipajang dalam ruang museum hanya sekitar 900-an.

Oleh karena itu, setiap haru ulang tahun museum, koleksi mainan yang dipamerkan diganti. Perlu waktu sekitar tiga bulan untuk mengganti dan menata maianan dalam ruangan museum ini. Ugh, lelahnya....

Selain koleksi Pak Rudi, mainan dalam museum ini juga berasal dari sumbangan orang-orang yang mencintai dunia anak.

Tak hanya melihat