Popsicle Ini Dibuat dari Limbah, Kenapa?

By Yomi Hanna, Selasa, 27 Juni 2017 | 03:30 WIB
Foto: demilked.com (Hanna Vivaldi)

Saat ini, pencemaran lingkungan yang terjadi di bumi semakin meningkat dan sulit dikendalikan. Ini terjadi karena cepatnya perkembangan industri, dimana ada banyak pabrik yang dibangun sehingga menyebabkan berbagai jenis polusi.

Waspada terhadap pencemaran lingkungan

Sebenarnya pencemaran lingkungan itu apa ya? Pencemaran lingkungan adalah masuknya zat, makluk hidup, atau energi lain ke dalam air, tanah, atau udara yang merusak atau mengubah kondisi menjadi lebih buruk dan tidak semestinya.

Misalnya saja, kendaraan bermotor di jalanan dapat mencemari lingkungan yaitu udara karena menghasilkan asap yang tidak baik pernapasan kita. Contoh lain adalah, sisa pembuangan (limbah) dari proses kerja mesin atau pengolahan yang dilakukan pabrik, dan masih banyak polusi lainnya.

Karena itu, banyak hal yang dilakukan untuk mengingatkan masyarakat agar waspada dan ikut menjaga lingkungan, salah satunya adalah dengan melakukan sebuah kampanye.

Kampanye pencemaran lingkungan

Tiga orang mahasiswa National Taiwan University, yaitu Hung I-chen, Guo Yi-hui, dan Cheng Yu-ti mempunyai ide menarik untuk menyampaikan kepada masyarakat akan bahaya limbah (polusi) pada air. Mereka membuat 100 jenis popsicle (es tangkai) yang berisi limbah air untuk menunjukkan jenis-jenis polusi apa saja yang sudah mencemari air.

Seratus popsicle tadi terbuat dari 100 sumber air seperti danau, sungai, pantai, dan pelabuhan yang tercemar. Meski tampilan popsicle ini membuat siapapun yang melihatnya menjadi tergoda, tapi  jangan sampai dikonsumsi, ya! Karena isinya adalah berupa air yang beracun dan berbahaya, serta bagian luarnya dilapisi poliester (serat sintetis).

Untuk pembungkus popsicle dibuat berbeda-beda, tergantung lokasi pengambilan airnya.

Kenapa harus popsicle ya?

Ini karena popsicle menunjukkan sesuatu yang dapat menyegarkan tubuh dari cuaca panas, nah karya mereka ini merupakan kebalikannya. Popsicle limbah tersebut dijadikan pengingat bagi masyarakat. Bahwa air yang biasanya dapat menyegarkan tubuh kita kini sudah dicemari banyak polusi yang bisa membahayakan.

Limbah apa yang paling banyak ditemukan ya?