Setiap Warna Anggur Punya Manfaat Berbeda

By Yomi Hanna, Sabtu, 30 September 2017 | 09:25 WIB
Manfaat anggur berdasarkan warnanya (Hanna Vivaldi)

Apakah kamu salah satu penggemar buah anggur? Selain dimakan mentah, anggur juga sering kali diolah dan digunakan untuk membuat minuman rasa anggur, selai, jus, agar-agar, kismis, cuka, atau minyak buah anggur.

Buah yang berukuran bulat kecil dan manis ini adalah buah yang kaya manfaat. Ada tiga warna anggur yang sering kita lihat, seperti warna hitam keunguan, merah, dan hijau. Tapi tahukah teman-teman, bahwa manfaat anggur berbeda-beda sesuai warnanya?

1. Hitam keunguan, anggur awet muda

Anggur warna hitam keunguan kaya akan reservatrol. Apa itu? Zat itu dapat mencegah sel-sel kulit kita agar tidak cepat menua, cocok untuk membuat awet muda. Tidak hanya itu, zat reservatol juga bisa menjaga tekanan darah di tubuh tetap stabil, melancarkan peredaran darah dan jantung, dan dapat menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Dan ternyata semakin gelap warna anggur, kandungan reservatrol di dalam anggur semakin tinggi, lo!

2. Merah, anggur antioksidan

Mirip dengan manfaat anggur hitam keunguan, anggur merah juga memiliki kandungan reservatrol yang lumayan tinggi. Selain reservatrol, ada kandungan lainnya dalam anggur merah yaitu quercetin yang menjadi antioksidan bagi tubuh. Antioksidan itu apa? Itu adalah zat yang dapat melindungi tubuh kita dari serangan segala penyakit,  sehingga membuat ketahanan tubuh kita menjadi lebih kuat.

3. Hijau, anggur  pencegah peradangan

Anggur hijau juga memiliki antioksidan. Akan tetapi jenis antioksidan yang dimiliki anggur hijau adalah katekin. Zat ini dapat mencegah kita dari peradangan atau pembengkakan di dalam tubuh. Manfaat lainnya adalah untuk membantu menghilangkan zat-zat berbahaya dari tubuh, dapat melangsingkan tubuh, serta membuat daya tahan tubuh lebih maksimal.