Nama Hewan Ini Diambil dari Tokoh Star Wars

By willa widiana, Rabu, 12 Juli 2017 | 10:09 WIB
Trigonopterus chewbacca (willa widiana)

Nama pada hewan biasanya berasal dari nama penemunya. Hal itu bertujuan untuk menghargai penemu hewan tersebut. Namun, sembilan nama hewan ini diambil dari tokoh Star Wars.

Kira-kira... kenapa nama hewan itu diambil dari tokoh Star Wars?

Trigonopterus chewbacca

Kumbang berwarna hitam ini memiliki bulu-bulu halus di kaki dan kepalanya. Bulu-bulu itu mengingatkan peneliti kepada ‘chewbacca’. Salah satu tokoh dalam film ‘Star Wars’ yang memiliki bulu di sekujur tubuhnya.

Karena kesamaan itulah serangga inipun dinamai Trigonopterus chewbacca. O iya, kumbang yang ditemukan di Papua New Guinea ini tidak bisa bisa terbang. Ukuran mereka hanya 3.34mm. Mereka tinggal di serasah daun (tumpukan daun kering) yang ada di tengah hutan.

Wockia chewbacca

Pada tahun 2009, peneliti menemukan spesies ngengat baru di hutan kering, Meksiko Barat. Ngengat berwarna abu-abu ini memiliki bulu halus di tubuh dan sayapnya, mirip dengan ‘chewbacca’. Karena hal itu, para penelitipun menamainya Wockia chewbacca.

Xenokeryx amidalae

Sebenarnya... makhluk ini sudah punah sejak jutaan tahun lalu. Namun, fosilnya baru ditemukan pada tahun 1992, di Spanyol Tengah. Saat ditemukan, para peneliti kebingungan karena di fosil itu ada sebuah tanduk berbentuk T. Akhirnya, fosil inipun hanya disimpan di National Museum of Natural Science, Madrid.

Setelah bertahun-tahun disimpan tanpa nama, para peneliti baru mengetahui kalau fosil itu masih satu keluarga dengan rusa. Lalu, tanduk berbentuk T itu mirip dengan tutup kepala milik Ratu Padmé Amidala's dalam film ‘Star Wars’. Karena dua hal itu, fosil inipun dinamai Xenokeryx amidalae.

Tetramorium jedi

Pada tahun 2012, para peneliti mengumumkan temuan semut spesies baru. Semut ini ditemukan di hutan hujan dataran rendah Madagaskar. Semut ini memiliki duri yang cukup panjang untuk melindungi diri. Karena hal itu, semut inipun dinamai Tetramorium jedi.