Fakta Seputar Kimchi

By willa widiana, Selasa, 18 Juli 2017 | 11:48 WIB
Fakta Seputar Kimchi (willa widiana)

Kimchi adalah sayuran yang difermentasi. Selain menyimpan rasa asam yang segar, kimchi juga menyimpan beberapa fakta menarik. Penasaran? Ini dia fakta-faktanya!

Ratusan Jenis

Umumnya, hanya dua jenis kimchi yang banyak dikenal, yaitu kimchi sawi putih dan kimchi lobak. Padahal, kimchi itu ada banyak jenisnya. Menurut Judy Joo, koki berkebangsaan Korea, kimchi itu ada 187 jenis dan setiap keluarga memiliki resep yang berbeda-beda dalam membuat kimchi.

Makanan “Wajib”

Masih menurut Judy Joo, kimchi merupakan makanan wajib bagi orang korea. Bahkan, orang korea merasa belum makan, jika belum makan kimchi. Wah… persis, seperti orang Indonesia yang merasa belum makan, jika belum makan nasi.

Mengandung Probiotik

Ternyata… kimchi termasuk salah satu makanan yang mengandung probiotik. Bahkan, kandungan probiotik pada kimchi jauh lebih banyak daripada yoghurt. O iya, probiotik itu bisa membantu meningkatkan metabolisme, menjaga sistem imun, dan meningkatkan pencernaan.

Tidak Berwarna Merah

Selain identik dengan rasa yang unik, kimchi juga identik dengan warna merah dari bubuk cabai. Padahal, pada zaman dahulu, kimchi dibuat tanpa menggunakan bubuk cabai. Konon, penggunaan bubuk cabai sebagai bahan untuk membuat kimchi baru populer di abad ke-19.

Tahan Lama

Makanan basah yang satu ini bisa bertahan hingga tiga tahun, jika disimpan di tempat yang tertutup, lo. O iya, kimchi yang disimpan lama akan memiliki rasa yang lebih asam. Tapi, kandungan probiotiknya juga lebih banyak.

Berbagai makanan