Planet Berlian, Harta Karun di Antariksa

By Danastri Permata Putri, Rabu, 19 Juli 2017 | 08:32 WIB
Planet Berlian (Danastri Permata Putri)

Di gelapnya langit, planet ini bersinar terang bagai berlian. Eh, ternyata sepertiga dari planet ini memang terdiri dari berlian, lo! Tidak heran jika ia mendapat julukan Planet Berlian.

Dua Kali Besar Bumi

Namanya 55 Cancri-e. Planet ini besarnya dua kali lipat dari planet kita dan memiliki massa 8 kali Bumi. Sebab itu, planet ini disebut planet Super Earth atau Bumi Super.

Planet ini merupakan salah satu dari 5 planet yang mengorbit bintang 55 Cancri, di rasi bintang Cancer.

Mengandung Berlian Padat

Yang membuatnya unik, planet ini memiliki sumber daya alam yang melimpah. Sebanyak 75 persen kandungan dari planet ini adalah berlian padat!

Para astronom sering menyebutnya Diamond Planet atau Planet Berlian. Ada juga yang menganggap bahwa planet ini merupakan harta karun di antariksa, sehingga menjulukinya Planet Harta Karun.

Bisa Dilihat dari Bumi

Jarak Planet Berlian ini 40 tahun cahaya dari planet kita, lo! Atau sama dengan 230 triliun mil dari Bumi. Wah, jauh sekali, ya! Walaupun begitu, kita masih bisa melihat planet ini dari Bumi dengan mata telanjang.

Tidak Dapat Dihuni

Berbeda dengan Bumi, planet ini tidak dapat dihuni. Jika kita memerlukan 365 hari untuk mengitari Matahari, 55 Cancri-e hanya memerlukan waktu 17 jam 41 menit untuk mengitari bintang induknya.

Hal ini karena letaknya yang sangat dekat dengan bintang induk. Bahkan saking dekatnya, suhu udara di planet ini mencapai 2.700 derajat celcius!