Ini Bunga Anggrek atau Belalang, ya?

By Yomi Hanna, Jumat, 21 Juli 2017 | 02:39 WIB
Belalang Anggrek (Hanna Vivaldi)

Apakah Teman-teman bisa membayangkan jika corak bunga anggrek ada di tubuh serangga? Yap, dari pada susah membayangkannya, Teman-teman mungkin bisa melihatnya pada orchid mantis atau belalang anggrek (Hymenopus coronatus). 

Belalang Asli Sumatera

Belalang ini adalah belalang asli dari Sumatera, tetapi ditemukan juga di Malaysia. Panjang belalang jantan hanya 3 sentimeter, sedangkan belalang betina mencapai 6 sentimeter.

Mirip dengan Bunga Anggrek

Tubuh belalang ini seperti belalang sembah, hanya saja terlihat lebih unik karena menyerupai bunga anggrek dengan corak yang indah. Oleh sebab itu, belalang anggrek menjadi lebih mudah menghindari musuhnya dengan berpura-pura sebagai bunga anggrek.

Pemangsa yang Pintar Menyamar

Dengan menyamar sebagai anggrek, dia juga bisa menjebak lalat atau serangga lain yang menjadi makanan utamanya. Nah, mangsa akan mendekat karena tertarik melihat rupa belalang yang mirip anggrek, lalu di saat yang tepat, hap! Belalang anggrek pun langsung melahap mangsanya.

James O'Hanlon, seorang pakar biologi evolusi dari University of Sydney, melakukan penelitian di Malaysia. Hasil dari penelitiannya diketahui bahwa penyamaran belalang anggrek cukup sempurna. Ditemui bahwa belalang ini sangat sulit dibedakan  dari 13 jenis bunga liar di hutan. 

Jumlahnya di Alam Sangat Sedikit

Belalang anggrek  ini cukup sulit ditemukan. Selain karena ukurannya yang kecil, keberadaan belalang anggrek ini juga sudah sedikit. Banyak orang yang suka mengoleksinya karena memiliki bentuk yang indah.