Mengenal Aren, si Pohon Serba Guna

By Yomi Hanna, Jumat, 21 Juli 2017 | 04:43 WIB
Pohon aren banyak manfaatnya. (Hanna Vivaldi)

Apakah Teman-teman pernah melihat pohon aren? Pohon aren atau pohon enau (Arenga pinnata) adalah pohon yang serba guna. Hampir semua bagian tubuhnya dapat dimanfaatkan, mulai dari daun, buah, hingga batang kayunya. Biasanya dijadikan apa saja, ya?

1. Gula aren

Gula aren berasal dari nira yang  merupakan hasil sadapan pohon aren. Nira tersebut diolah menjadi gula yang padat dan berwarna cokelat cerah. Gula aren biasanya dibentuk menjadi dua macam, yaitu berbentuk silinder dan berbentuk batok runcing yang dibungkus dengan daun kelapa kering.

2. Pengembang roti

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai gula aren, nira tadi ternyata bisa digunakan juga sebagai bahan pengembang dalam pembuatan roti. Campuran nira pada adonan roti bisa membuatnya mengembang dengan baik dan sempurna.

3. Kolang-kaling

Mendengar kata kolang-kaling, kita pasti segera membayangkan es campur yang segar atau kolak pisang. Nah, kolang-kaling yang menjadi bahan campurannya itu dibuat dari biji buah aren, lo, Teman-teman. Buah tersebut diolah sedemikian rupa sehingga menjadi kolang-kaling yang sering kita lihat di pasaran.

4. Sebagai atap rumah

Manfaat batang dan buahnya sudah. Nah, sekarang giliran manfaat daun pohon aren. Daunnya sering dipakai oleh warga desa sebagai atap rumah mereka. Atap dari daun pohon aren mampu melindungi warga dari panas dan hujan.

5. Pembuatan senar pancing

 Pelepah pohon aren juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan senar pada alat pancingan.

Wah, benar-benar pohon yang serba guna, ya!