5 Permainan Sepanjang Zaman

By Aan Madrus, Senin, 24 Juli 2017 | 04:30 WIB
1 (Aan Madrus)

Sebagai anak, kita tak bisa lepas dari mainan dan permainan. Mainan dan permainan itu ada zamannya. Misalnya, zaman game watch, zaman playstation, dan begitu terus. Mainan dan permainan itu datang dan pergi. Namun, ada mainan dan permainan yang tidak kenal zaman. Mereka selalu ada sepanjang zaman. Inilah 5 permainan papan (game board) yang klasik dan asyik.

Monopoli

Permainan monopoli adalah permainan yang pemainnya seolah-olah sedang berbisnis bangunan dan tanah. Permainan ini menggunakan pion, dadu, kartu, serta uang mainan. Tujuan permainan ini adalah menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan, dan pertukaran properti.

Disebut monopoli, karena ada satu pemain yang paling kaya. Ia membeli tanah lalu mendirikan rumah dan hotel di atasnya. Pemain yang paling kaya itulah yang jadi pemenang dalam permainan ini.

Ada yang bilang permainan monopoli ditemukan oleh Charles Darrow pada tahun 1935. ada juga yang bilang, penemu permainan monopoli adalah Lizzie Magie. Magie menciptakan permainan yang diberi nama “The Landlord Game.” Artinya permainan tuan tanah. Magie mematenkan permainan itu pada tahun 1904. Dari permainan “The Landlord Game” inilah akhirnya berkembang menjadi permainan monopoli.

Scrabble

Scrabble adalah permainan menyusun keping huruf. Scrabble dimainkan oleh 2 sampai 4 orang. Pemain berlomba mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak.

Permainan scrabble ditemukan oleh Alfred Butts. Ia mencoba membuat teka-teki silang di atas papan. Akhirnya terciptalah permainan yang disebut “Criss Cross Word." Permainan ini menjadi terkenal di kalangan teman-teman dan keluarganya. Butts akhirnya punya ide untuk membuat dan menjual permainan ini.  Ia memulai bisnisnya pada tahun 1948. Permainan itu diberi nama scrabble.

Halma

Halma dalam bahasa Inggris disebut ”Chinese Checker”. Permainan ini dimainkan oleh 2-3 orang, tapi paling asyik kalau dimainkan bertiga.

Halma dimainkan di atas papan bergambar bintang segi enam. Tujuan dari permainan ini adalah memindahkan pasukan pion yang berjumlah 15 buah dari sudut bintang ke sudut bintang lain yang ada di seberangnya.

Katanya halma ditemukan oleh orang Victoria pada tahun 1880, tetapi ada yang bilang penemu halma adalah orang Amerika Serikat bernama George Monks. Monks menyebarluaskan permainan itu pada tahun 1885.