Apa Bedanya Bajing dengan Tupai?

By Sigit Wahyu, Senin, 24 Juli 2017 | 05:20 WIB
Bajing moncongnya pendek, tidak memanjang seperti tupai. (Sigit Wahyu)

Sekilas, bajing dan tupai memang terlihat mirip. Bahkan, para ahli biologi pun pernah menganggap bajing dan tupai masih satu kerabat. Namun, berkat riset yang lebih teliti,  akhirnya para ahli menggolongkan bajing dan tupai berbeda.

Apa Perbedaannya?

Berdasarkan hasil riset,  para ahli menggolongkan tupai dalam garis keluarga Tupaiidae. Sedangkan bajing termasuk dalam garis keluarga Scuiridae.

Kalau kita amati dengan seksama, ternyata makanan keduanya juga berbeda, lo. Coba deh, kita perhatikan. Kalau bajing sukanya makan buah-buahan, seperti buah kelapa, mangga, pisang, durian, dan lainnya. Sedangkan tupai sukanya menyantap serangga.

Selain itu, dari bentuk moncongnya kita juga bisa membedakan mana tupai dan mana bajing. Moncong tupai agak memanjang, sedangkan bajing tidak.

Tupai di Kalimantan Terlengkap di Dunia

Menuruit penelitian, ragam tupai dan bajing di seluruh dunia ada ratusan jenis. Pulau Kalimantan diperkirakan memiliki  keragaman jenis tupai terlengkap di dunia.  Ini karena dari 20 jenis tupai yang ada, 12 di antaranya ditemukan di Kalimantan.

Di alam liar, bajing dan tupai membuat sarang dengan mengumpulkan ranting kayu dan rerumputan di dalam celah bebatuan atau di dalam rongga pohon.

Bajing Musuh Petani

Di perkebunan, bajing dianggap musuh petani. Pernah dengar, kan, bajing yang merusak buah kelapa petani? Hewan pengerat ini suka melubangi buah kelapa untuk mengasah giginya agar tidak panjang.  Yang bikin petani jengkel, buah kelapa tersebut tidak dimakan.  Cuma digerogoti sedikit sampai  berlubang, lantas bajing akan pindah dan melubangi buah yang lain. Oleh karena kelakuannya merusak buah kelapa petani, makanya petani kebun kelapa menganggap bajing sebagai hama dan harus  diburu.

Sangat Lucu

Meskipun sering dianggap hama, bagi kita bajing dan tupai merupakan hewan yang menarik untuk diamati.  Untuk mengamati gerak-gerik bajing dan tupai, kita harus menggunakan teropong karena mereka suka berpindah-pindah tempat  dengan cepat.