5 Cara Mudah Mengatasi Mabuk Perjalanan

By Sigit Wahyu, Senin, 22 Januari 2018 | 10:25 WIB
Mabuk perjalanan sering terjadi pada anak-anak usia 6-12 tahun. (Sigit Wahyu)

Bobo.id - Siapa yang sering mabuk perjalanan saat naik kendaraan?

Mabuk perjalanan bisa membuat perjalanan yang seharusnya menyenangkan menjadi penderitaan. Selain itu, hal yang kadang membuat kita enggak nyaman,  mabuk perjalanan pasti akan merepotkan orang lain. Bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan?

Motion Sickness

Sebetulnya ,sih, mabuk perjalanan bukan merupakan penyakit. Dalam ilmu medis,  mabuk perjalanan dikenal dengan sebutan motion sickness.

Mabuk perjalanan disebabkan karena terganggunya sistem keseimbangan (vestibular) di telinga bagian dalam.

Oleh karena sistem keseimbangan terganggu, maka akan merangsang produksi zat histamin sehingga menimbulkan reaksi pusing, mual, dan muntah.

Faktor Psikologis

Terganggunya sistem keseimbangan pada umumnya disebabkan oleh faktor psikologis, seperti perasaan takut dan tegang naik kendaraan. Misalnya, takut terjadi kecelakaan, takut muntah, takut pipis, takut bau bensin, takut bau AC, dan lainnya.

Perasaan takut tersebut akan membuat tegang dan merangsang produksi zat histamin, sehingga terjadilah reaksi pusing dan mual.

5 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

1. Siapkan mental dan berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak mabuk perjalanan.

2. Lakukan hal-hal yang menyenangkan di dalam kendaraan, misalnya bercerita, merencanakan sesuatu yang asyik  di tempat tujuan, bercanda dan main tebak-tebakan, dan lainnya.