Unik, Di India Ada Ritual Diinjak Sapi, Lo!

By Yomi Hanna, Senin, 31 Juli 2017 | 07:04 WIB
Menurut Umat Hindu di India, Sapi merupakan reinkarnasi Dewa Krisna (Hanna Vivaldi)

Setiap negara memiliki kebudayaan dan tradisi masing-masing yang khas dan menarik untuk diketahui. Salah satunya terdapat di India, yaitu tradisi diinjak sapi. Wah, kira-kira bagimana ya tradisi diinjak sapi itu?

Coba Teman-teman bayangkan jika tubuhmu diinjak oleh sapi, kira-kira apa yang terjadi, ya? Pasti rasanya berat sekali, bukan? Nah, di India, tubuh yang diinjak-injak oleh sapi malah dijadikan sebuah budaya dan tradisi di sana.

Ritual Rutin Setiap Tahun

Ritual ini diadakan setiap setahun sekali, yaitu setelah hari raya Deepavali atau hari raya tahun baru khusus orang India. Mereka melakukan ritualnya di Kota Madhya Pradesh.

Sebelum melakukan ritual tersebut, masyarakat yang ikut wajib menghias tubuhnya dengan bubuk hena. Setelah itu mereka berkumpul dan membiarkan tubuh mereka diinjak-injak oleh segerombolan sapi.

Pada acara puncak, masyarakat yang menonton akan menyanyikan lagu yang menjadi iringan ritual tersebut. Uniknya, orang-orang yang diinjak sapi dalam ritual ini tidak terluka sama sekali. Wow!

Apa Makna Ritual Diinjak Sapi bagi Masyarakat India?

Orang-orang India memiliki kepercayaan bahwa doa mereka akan dikabulkan oleh Tuhan ketika mereka menjalankan ritual ini. Menurut mereka, jika mau mendapatkan hasil yang baik, maka manusia harus merasakan sakit terlebih dahulu.

Sapi Merupakan Reinkarnasi Dewa Krisna

Saat diinjak sapi, mereka seolah-olah bertempur melawan kehidupan yang sangat keras. Tapi kenapa harus sapi, ya? Kenapa tidak hewan yang lain?

Ini karena kepercayaan umat Hindu menganggap sapi adalah hewan suci yang mereka puja dan setara dengan kehidupan manusia. Umat Hindu di India percaya bahwa sapi adalah wujud reinkarnasi dewa Krisna, oleh sebab itu mereka sangat menghormati sapi.

Wah, unik sekali, ya, budaya dan tradisi masyarakat di India!