Inilah 5 Hewan yang Jago Menyamar

By willa widiana, Kamis, 28 September 2017 | 06:29 WIB
Ornate ghost pipefish (willa widiana)

Setiap hewan memiliki cara yang berbeda untuk melindungi dirinya. Ada yang menghindar, bersembunyi, mengeluarkan racun, berubah bentuk atau warna, hingga menyamar. Hewan yang menyamar akan berusaha untuk menyamakan dirinya dengan lingkungan sekitar.

Bicara soal menyamar, ada beberapa hewan yang jago menyamar, lo. Hewan apa sajakah itu? Berikut adalah 5 hewan yang jago menyamar.

Ornate Ghost Pipefish

Ikan laut bernama latin Solenostomus paradoxus ini memiliki warna tubuh berbeda-beda. Ada yang berwarna merah, kuning, hitam, hingga transparan. Ikan ini suka menyamarkan diri dengan terumbu karang yang punya warna senada dengan tubuhnya.

Meski jago menyamar, hewan ini tetap rentan terhadap arus yang kuat. Tubuhnya yang kecil (hanya berukuran 12 cm) dan ringan selalu terbawa oleh arus yang kuat. O iya, ikan ini bisa kamu temukan di Pasifik Barat dan Samudera hindia.

Anglerfish

Penghuni laut yang jago menyamar berikutnya adalah anglerfish. Warna kulitnya yang mirip tumbuhan laut sangat memudahkan ikan ini untuk menyamarkan diri. Selain pandai menyamarkan diri, ikan ini juga bisa berburu, lo.

Bargibanti Pygmi Seahorse

Hewan laut yang jago menyamar ini memiliki nama latin hippocampus bargibanti. Tapi, orang-orang sering menyebutnya kuda laut bargibanti atau hippocampus kerdil. O iya, kuda laut yang berukuran kurang dari 2 cm ini merupakan keluarga dari Syngnathidae. Hewan yang hidup di sebelah barat Samudera Pasifik ini suka menempel pada karang seafan yang senada dengan warna tubuhnya. Jadi, mereka akan lebih mudah menyamar saat ada predator datang.

Sea Cucumber Crab 

Sea cucumber crab hidup dengan cara menempel pada teripang. Karena itu, hewan bernama latin Orbicularis lissocarcinus ini juga dikenal sebagai kepiting teripang. Hidup menumpang dengan teripang sangat menguntungkan si kepiting. Warna tubuhnya yang mirip dengan teripang membuat dia tersamar dengan baik. Jadi, predator pun akan kesulitan untuk menemukan kepiting yang satu ini.

Candy Crab