Kenapa Telinga Terasa Sakit Saat di Pesawat?

By Yomi Hanna, Rabu, 2 Agustus 2017 | 10:21 WIB
Pesawat, jendela pesawat, penutup jendela pesawat, pesawat terbang, pergi, terbang, liburan, pergi liburan, travel, (Hanna Vivaldi)

Teman-teman, apakah kamu pernah bepergian menggunakan pesawat terbang? Jika pernah, mungkin kamu juga pernah mengalami sesuatu yang aneh pada pendengaranmu saat pesawat lepas landas ataupun saat mendarat. Kenapa bisa begitu, ya?

Tekanan Udara di Bumi

Tekanan udara di muka bumi berbeda-beda, sesuai dengan letak ketinggiannya. Semakin tinggi tempatnya, maka tekanan udaranya semakin kecil. Misalnya di puncak gunung. Tekanan udara di sana lebih kecil dibandingkan dengan daerah pantai.

Contoh lain, jika pakaian dilipat dan ditumpuk dengan pakaian lainnya, maka pakaian yang paling bawah lipatannya akan terlihat lebih rapat ketika diambil. Itu karena, pakaian itu menahan beban paling berat, sehingga lipatan pakaian menjadi lebih rapat. Nah, tekanan udara di bumi juga memiliki prinsip yang mirip seperti itu.

Perbedaan Tekanan Udara yang Sangat Cepat

Di dalam lubang telinga kita terdapat pipa saluran yang bernama Eustachius. Pipa ini menghubungan telinga bagian tengah dengan tenggorokan bagian atas dan rongga hidung. Jadi, sesungguhnya hidung, telinga, dan tenggorokan kita saling berhubungan.

Pada saat pesawat lepas landas ataupun mendarat, telinga kita akan terasa sakit. Ternyata, ini terjadi karena kita sedang melewati perbedaan tekanan udara yang sangat cepat. Telinga rasanya seperti susah mendengar, dan suara terdengar pelan.

Saluran Eustachius Terhambat

Saat perubahan tekanan terjadi, seharusnya udara akan menekan ke dalam telinga. Namun, dengan adanya saluran Eustachius, maka tekanan udara dapat disebar secara merata ke tenggorokan dan hidung.

Jika saluran tersebut buntu karena adanya lendir, maka dapat menyebabkan masalah pada pendengaran kita. Tekanan yang masuk ke telinga akan menekan gendang telinga kita. Tekanan tersebut tidak dapat disalurkan. Ini yang mengakibatkan telinga kita menjadi sakit dan agak susah mendengar.

Namun jangan khawatir, keadaan seperti ini tidak berlangsung lama, kok. Jika pesawat kita sudah mendarat, telinga kita dapat mendengar normal seperti semula.

Cara Mencegah Sakit Telinga di Pesawat

Lalu bagaimana mengatasi telinga sakit saat pesawat akan lepas landas atau mendarat? Kita dapat mengunyah permen karet. Kenapa? Karena gerakan mengunyah itu ternyata dapat membuat saluran Eustachius tetap terbuka dan menghalangi lendir yang menghambat.