6 Fakta Seputar Plastik

By willa widiana, Kamis, 3 Agustus 2017 | 11:20 WIB
6 Fakta Seputar Plastik (willa widiana)

Beberapa waktu lalu, beberapa supermarket dan minimarket menerapkan sistem bayar untuk setiap penggunaan kantong plastik. Peraturan itu bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik. Kira-kira, ada yang tahu kenapa penggunaan plastik harus dikurangi?

Jawabannya ada di 6 fakta seputar plastik di bawah ini:

Fakta 1

Dalam setahun, ada empat hingga lima triliun kantong plastik yang diproduksi. Indonesia sendiri memproduksi 400 ton plastik setiap harinya. Jika semua plastik itu digunakani, bisa kita bayangkan berapa banyak sampah plastik yang ada di bumi?

Fakta 2

Setiap orang membuang 700 sampah kantong plastik dalam setahun. Cobalah kalikan dengan jumlah orang yang ada di Bumi, ada berapa banyak sampah plastik dalam setahun? Jika dihitung berdasarkan menit, ada 2 juta sampah kantong plastik setiap menitnya.

Fakta 3

Kantong plastik dibuat menggunakan bahan kimia. Nah, bahan kimia yang ada dalam plastik itu bisa mencemari lingkungan, seperti tanah, udara, air, hingga rantai makanan. Salah satu bahan kimia yang digunakan dalam plastik adalah DEHA. Bahan kimia itu bisa membuat bayi terlahir tidak sempurna, lo, Teman-teman.

Fakta 4

Bahan lain yang digunakan dalam membuat plastik adalah polyethylene (salah satu produk dari minyak bumi). Nah, polyethylene ini baru bisa terurai setelah 500 hingga 1000 tahun.

Fakta 5

Untuk membuat satu ton plastik, diperlukan 11 baret (1.800 liter) minyak mentah. Jadi, bisa kamu bayangkan berapa banyak energi yang terbuang dan berapa banyak polusi yang disebabkan oleh proses pembuatan plastik?