Kadal Cacing, Bertangan Tapi Tak Berkaki

By willa widiana, Senin, 7 Agustus 2017 | 09:10 WIB
Kadal cacing (willa widiana)

Nama aslinya mexican mole lizard (Bipes biporus). Badan bagian depannya mirip kadal, sedangkan badan bagian belakangnya mirip cacing. Karena bentuk fisiknya itu, orang-orang pun memanggilnya kadal cacing.

Mirip dengan Cacing

Hewan ini memiliki dua buah tangan berukuran kecil. Panjang tubuhnya bisa mencapai 22 cm.  Reptil ini berwarna merah muda saat kecil dan berubah menjadi putih saat tua. Dari ciri fisiknya, hewan ini sangat mirip dengan cacing.  Tetapi, secara biologi, hewan ini masih satu keluarga dengan kadal.

Hidup di Meksiko

Hewan unik ini bisa ditemukan di Semenanjung Baja California, Meksiko. Kadal cacing hidup di dalam tanah yang longgar dan kering. Ia jarang muncul ke permukaan tanah. Selama di dalam tanah, kadal cacing akan berpindah tempat dengan cara menggali lubang. Lubang yang digali oleh kadal cacing cukup rumit, lo. Hal itu bertujuan untuk menjauhkan dia dari ular kecil yang suka memangsanya.

Tiga Bersaudara

Kadal cacing (Bipes biporus) memiliki dua saudara. Namanya Bipes canaliculutus dan Bipes tridactylus. Ada dua perbedaan yang cukup mencolok diantara mereka bertiga:

Perbedaan 1, ekor Bipes biporus lebih pendek daripada kedua saudaranya.

Perbedaan 2, Bipes biporus memiliki 5 buah cakar di kedua tangannya, sedangkan cakar milik kedua saudaranya tidak sampai lima buah.

Punya Kebiasaan Unik

Kadal cacing punya kebiasaan unik untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil. Saat pagi hari, kadal cacing akan menggali tanah ke dekat permukaan tanah. Hal itu bertujuan untuk menghangatkan tubuhnya. Saat matahari mulai terik, kadal cacing akan menggali tanah lebih dalam. Hal itu bertujuan untuk menghindari panas yang meningkat.

Karnivora