Mengenal Sandi dalam Pramuka

By willa widiana, Selasa, 8 Agustus 2017 | 09:15 WIB
Sandi Morse (willa widiana)

Sandi merupakan salah satu alat pelindung. Saat ini, banyak akun dan peralatan yang diberikan sandi. Selain menjadi alat pelindung, sandi juga bisa menjadi alat komunikasi, seperti dalam pramuka.

Bicara soal sandi dan pramuka,  Bobo akan mengajakmu untuk mengenal sandi dalam pramuka, nih, Teman-teman. Tapi, sandi yang akan Bobo bahas adalah sandi yang pernah Bobo pelajari selama mengikuti pramuka. Ada sandi apa saja, ya, kira-kira?

Sandi Morse

Kode ini ditemukan oleh Samuel F. B. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835. Dalam kode ini, setiap huruf dan angka diganti dengan titik dan garis yang berbeda-beda. Pada zaman dulu, kode morse disampaikan menggunakan alat khusus dan dikirim dengan teknologi radio CW.

Saat ini, kode morse digunakan dalam pramuka. Biasanya, para anggota pramuka menggunakan senter atau peluit pramuka. Untuk tanda titik, kita bisa meniup peluit dengan durasi pendek, sedangkan untuk garis, kita bisa meniup peluit dengan durasi yang agak panjang.

Sandi Smafor

Untuk menggunakan kode smafor, kita bisa menggunakan bendera, kayu, dayung, atau tangan kita sendiri. Pada zaman dahulu, kode ini digunakan dalam perang sipil di Amerika Serikat. Orang yang bertugas memberikan kode ini biasanya berada di tempat yang lebih tinggi.

Saat ini, kode smafor digunakan dalam pramuka. Setiap huruf dan angka diwakili dengan sudut-sudut khusus yang telah disepakati. Selain pramuka, kode smafor juga digunakan sebagai sinyal kereta api. Inggris adalah negara pertama yang menggunakan smafor untuk sinyal kereta api.

Sandi Rumput

Kode yang satu ini sebenarnya sama dengan kode morse. Hanya saja, penggunaan titik dalam kode morse diganti dengan rumput kecil “^”, sedangkan penggunaan garis dalam kode morse diganti dengan rumput besar “/\”.

Untuk pemisahan antar huruf digunakan tanda “___”, sedangkan pemisahan antar kata digunakan spasi. Jadi, sandi rumput merupakan bentuk lain dari sandi morse.

Sandi A-Z dan Angka