Kisah Tiga Ekor Ikan

By Vanda Parengkuan, Minggu, 4 Maret 2018 | 08:00 WIB
Kisah Tiga Ekor Ikan (Vanda Parengkuan)

 

Kecipak! Kecimpung!

Pinka dan Pinku adalah dua anak ikan koi yang cantik. Kedua anak ikan ini berada di akuarium dekat sofa ruang tamu.

Pengalaman mereka hari itu ternyata sungguh luar biasa. Mereka telah merencanakan sesuatu selama berhari-hari. Pembicaraan mereka didengar oleh  Takeo, si ikan mas tua yang murung. Takeo ingat keluhan si Pinka,

“Ah... Sepertinya kita tidak mungkin melihat pemandangan lain. Kita tidak mungkin menjadi seperti burung-burung di taman yang terbang bebas. Itu cuma impian!” 

Pinku lalu memberi semangat dan membujuk Pinka untuk tetap mau menjalankan rencana mereka.

Takeo sebenarnya sudah melarang mereka. Namun kedua ikan yang masih muda itu tak mau mendengar nasihat Takeo.

Ya, rencana mereka itu akan mereka laksanakan hari ini, pikir Takeo. Ia memerhatikan mereka dengan wajah cemberut. Dia kesal karena kedua ikan pink itu tak mau mendengar nasihatnya. Ia juga kesal karena hiasan tumbuhan di akuarium jadi tersentak-sentak,  di saat kedua ikan itu berenang bolak-balik, mencoba melompat.

Dua ekor ikan kecil itu mengambil ancang-ancang dari dasar akuarium. Mereka lalu mengepak sirip mereka, melompat ke udara dengan sirip yang berkilauan, dan terbang keluar. Namun kemana? BLUK!!

Mereka terjun ke lantai. Takeo tersenyum sedih melihat mereka. 

“Siapa yang akan menemukan kami? Kami akan mati tanpa air,” tangis Pinka dan Pinku.

Tiba-tiba, Haruko, anak perempuan pemilik ketiga ekor ikan itu datang. Ia membawa makanan untuk ikan-ikan peliharaannya. Ia terkejut ketika melihat Takeo hanya sendirian di dalam akuarium.

  Haruko mencari-cari Pinka dan Pinku yang hilang. Ia mulai menangis sedih. Seketika, Takeo melupakan dendamnya. Ia mengerahkan seluruh kekuatannya. Dia mengangkat tubuhnya dan melompat untuk bergabung dengan dua ikan pink kecil itu.