7 Hewan dengan Rupa Menyeramkan

By willa widiana, Rabu, 16 Agustus 2017 | 07:05 WIB
Tokek erkor daun. (willa widiana)

Beberapa hewan terlahir dengan rupa yang cantik dan lucu. Akan tetapi, ada juga hewan yang lahir dengan rupa menyeramkan, seperti 7 hewan ini.

Tokek Ekor Daun

Tokek ekor daun (Uroplatus phantasticus) memiliki mata merah dan tanduk kecil yang terlihat tajam di atas matanya. Hewan ini semakin menyeramkan dengan kulit yang terlihat kasar.  Hewan ini tinggal di hutan Madagaskar.

Tokek ekor daun memiliki tubuh yang kecil, jika dibandingkan dengan keluarganya yang lain. Meski termasuk hewan dengan rupa menyeramkan, banyak orang yang ingin memeliharanya. Karena hal itulah, WWF menyebut hewan ini sebagai salah satu fauna paling terancam.

Ikan Sungut Ganda

Jika pernah menonton film Finding Nemo, mungkin kamu ingat dengan ikan bermulut besar dan mempunyai “lampu” di kepalanya. Nah, ikan itu bernama Ikan sungut ganda atau anglerfish.

Ikan ini memiliki organ semacam tongkat putih di bagian kepalanya. Organ itu mengandung  bakteri bioluminesens yang bisa memancarkan cahaya. Cahaya yang berasal dari bakteri bioluminesens itu berguna untuk menarik mangsanya.

Kadal Berduri

Kadal Berduri (Moloch horridus) ini memang memiliki tubuh yang menyeramkan. Akan tetapi, hewan ini hanya makan semut. Duri yang ada di tubuhnya akan terlihat saat ia menundukkan kepalanya. Duri itu berguna untuk mengusir hewan lain yang dianggap berbahaya.

Lebah Bertanduk Panjang

Lebah bertanduk panjang ini hidup di Amerika Selatan. Hewan ini tampak mengerikan karena memiliki mata besar dan tanduk panjang di atas kepalanya. Duri yang ada di samping matanya membuat hewan ini semakin menyeramkan. Tapi sayang, hewan ini dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

California Condor