Jalan-jalan ke Museum T.B. Silalahi di Sumatera Utara

By Yomi Hanna, Selasa, 22 Agustus 2017 | 06:05 WIB
Museum T.B. Silalahi Center (Hanna Vivaldi)

Jalan-jalan ke museum memang memiliki keseruan tersendiri. Ada banyak museum yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan tampilan dan isi yang beraneka ragam. Salah satunya adalah Museum T.B. Silalahi Center yang letaknya di Toba Samosir, Sumatera Utara. Seperti apa, ya, isinya?

Museum Budaya Batak

Museum T.B. Silalahi Center merupakan museum Batak yang dibuat oleh satu orang bersuku Batak yang sukses, T.B silalahi. Kisah perjalanan hidup T.B. Silalahi cukup menginspirasi, dulunya dia hidup sebagai anak penggembala kerbau, tetapi tidak menghalangi dirinya untuk menjadi seorang jenderal.

Isi dari museum ini tidak hanya menceritakan perjalanan hidup T.B. Silalahi itu sendiri, melainkan berbagai sejarah dan budaya Batak di Sumatera Utara. Museum yang didirikan pada tanggal 7 Agustus 2006 ini kemudian diresmikan dua tahun setelahnya, yaitu pada tanggal 17 April 2008. Diharapkan teman-teman yang datang berkunjung ke museum ini dapat terinspirasi dari kisah T.B. Silalahi dan mengenal serta dapat mencintai budaya Batak.

Koleksi Museum yang Menarik

Ada beragam koleksi budaya Batak yang ditampilkan di museum ini, seperti budaya Batak Toba, Karo, Simalungun, Mandailing dan Angkola serta Pakpak. Benda-benda bersejarah yang ada di sana seperti pakaian, senjata, dan tiruan perkampungan Batak sangat menarik untuk dilihat. Teman-teman juga bisa melihat pesan-pesan leluhur buat generasi di masa kini, yang bisa diingat dan dilakukan di dalam kehidupan kita.

Tampilan Museum Membuat Pengunjung Betah

Museum ini terdiri dari tiga lantai yang rapi, bersih, dan modern. Ini membuat para pengunjung betah untuk berkeliling-keliling melihat semua koleksi yang ada di sana.

Tiruan bangunan perkampungan Batak ada di bagian luar gedung tiga lantai tadi, di tempat tersendiri yang disebut Huta Batak. Ada 6 rumah adat Batak dibuat sedemikian rupa, beserta kuburan batu, hariara, pohon bambu, dan ulubalang. Tidak hanya itu, tiruan patung Si Gale-gale juga ada di sana, dipajang di depan salah satu rumah adat Batak.

Di sekeliling museum ini, terdapat pemandangan danau toba yang indah serta sawah-sawah di sekitarnya. Ini membuat perjalanan ke Museum T.B. Silalahi terasa menyenangkan. Apakah teman-teman ingin berkunjung ke museum ini?