EcoHelmet, Helm Ramah Lingkungan dari Kertas Daur Ulang

By Lila, Senin, 28 Agustus 2017 | 05:14 WIB
EcoHelmet, helm dari kertas daur ulang (Lila)

Helm sepeda ini dibuat dari kertas daur ulang dan tahan air. Kok, bisa, ya? Yuk, cari tahu!

Kecelakaan Sepeda

Menurut Departemen Transportasi Inggris, ada lebih dari 3.200 cedera pada pengendara sepeda di jalan pada tahun 2015.

Penyebabnya, antara lain karena para pengendara sepeda tidak mengenakan helm. Meski sudah tahu helm sangat berguna untuk melindungi kepala dari kecelakaan, banyak para pengguna sepeda yang masih tidak mau mengenakannya.

Bagi mereka, helm sepeda dari bahan polistirena konvensional itu berat, aneh, dan jelek saat disimpan.

Baca: Ada Helm Pintar yang Punya Lampu Sen, Lo!

Di sisi lain, selama beberapa tahun terakhir, popularitas bersepeda telah melonjak jumlahnya. Naik sepeda dipilih sebagai cara yang lebih cepat dan lebih murah untuk berkeliling kota, berolahraga, maupun bekerja.

Helm Ramah Lingkungan

Karena banyak orang yang tidak suka mengenakan helm saat bersepeda, desainer Isis Shiffer membuat helm praktis sekaligus ramah lingkungan.

Setelah melakukan sejumlah penelitian, perancang asal New York yang gemar bersepeda ini mengembangkan EcoHelmet, sebuah helm dari kertas daur ulang yang tahan air. Lapisan biodegradable pada helm ini bisa membuatnya tahan air selama tiga jam.

Kertas daur ulang dibentuk seperti helm sepeda pada umumnya dengan cara dilipat rapi dan rata. Yang juga menarik, meski hanya memiliki satu ukuran, helm ini bisa pas dipakai semua orang.

Diharapkan, para pengguna helm ini akan merasa lebih percaya diri karena penampilan EcoHelmet yang keren, sekaligus merasa nyaman karena helm ini ringan tapi tetap aman untuk melindungi kepala.