7 Cara Agar Biji Tanaman Tersebar Jauh

By Aan Madrus, Selasa, 29 Agustus 2017 | 04:50 WIB
Tupai sedang mengubur biji oak (Aan Madrus)

Tanaman punya buah dan biji. Fungsinya untuk berkembang biak. Dari biji itu tumbuhlah tanaman baru. Tanaman jadi bertambah banyak. Berikut ini 7 cara biji tanaman tersebar, hingga tanaman baru bisa tumbuh jauh dari induknya.

1. Dimakan Binatang

Buah atau biji ini pasti rasanya enak. Sehingga binatang suka memakannya. Misalnya  burung pemakan buah, makan buah kersen atau seri. Biji-biji itu tidak hancur di dalam perut burung. Ia akan keluar lagi bersama kotorannya. Jika kotoran itu jatuh di tanah yang cocok, maka biji kersen menjadi tanaman yang baru. Tak heran kita sering melihat tanaman ini tumbuh di tepi got, di sela-sela batu, bahkan di atas genting. Contoh tanaman lain yang dimakan binatang dengan bijinya  adalah kopi dimakan luwak atau durian dimakan gajah.

2. Terbang Bersama Angin

Ada tanaman yang tidak enak dimakan, tapi ia punya “parasut”. “Parasut” itu membuat biji-bjian itu bisa terbang ketika tertiup angin. Lalu, ia akan mendarat di suatu tempat dan tumbuh jadi tanaman baru. Contohnya alan-alang, kapuk, dan meranti. 

3. Bisa Meletup

Apakah kamu mengenal bunga pacar air? Tanaman berbunga cantik ini buahnya berbentuk lonjong dan berbulu. Buah itu berisi banyak biji. Buah itu kalau sudah matang akan meletup. Kulit buah pecah. Biji-biji yang ada di dalamnya ikut tersemprot keluar dan mendarat agak jauh dari induknya. Contoh tanaman lain adalah buah saga.

4. Pandai Berenang

Ada buah yang pandai berenang. Buah ini biasanya mempunyai kulit yang tebal dan tidak tembus air. Sehingga biji yang ada di dalamnya tetap aman, meskipun dibawa berenang jauh. Setelah ia berlabuh di suatu tempat dan tidak basah lagi, akan tumbuh tunas. Contohnya adalah buah kelapa dan lotus.

5. Dikubur Tupai

Tupai adalah binatang yang suka makan biji-bijian. Di negara yang mempunyai 4 musim, tupai suka menabung biji-bijian. Biji-bijan itu dikubur dalam tanah. Biji-bijian itu akan diambilnya di musim salju, yaitu saat pohon-pohon tidak berbuah.

Tapi, sayang kadang-kadang si tupai lupa di mana ia mengubur biji-bijian. Akibatnya biji itu tumbuh jadi tanaman baru saat musim semi tiba. Biji yang disukai tupai antara lain biji oak.