Keren, Permainan Ini Dapat Dikendalikan Hanya Melalui Pikiran!

By Yomi Hanna, Rabu, 30 Agustus 2017 | 08:45 WIB
Game Awakening, hanya dikendalikan lewat pikiran (Hanna Vivaldi)

Bagi pecinta game mungkin tahu, bahwa ada banyak media yang digunakan untuk menyalurkan hobi mereka ini. Misalnya saja bermain game di ponsel, lewat online, di laptop menggunakan joystick atau gamepad. Namun saat ini, ada penemuan baru yang cukup canggih dalam dunia game.

Interaksi Game Melalui Pikiran

Adanya game yang bisa dimainkan dan digerakkan hanya melalui pikiran. Kita dapat langsung berinteraksi dengan semua benda yang ada dalam game tanpa melakukan aktivitas fisik berupa gerakan atau sejenisnya.

Ide permainan ini dikembangkan oleh perusahaan kecil bernama Neurable. Pencetus game yang diberi nama Awakening ini adalah seorang insinyur listrik dan ahli saraf bernama Ramses Alcaide.

Penggabungan Dua Teknologi

Cara kerja game Awakening adalah dengan menggabungkan kacamata Virtual Reality (VR) buatan HTC dengan sensor Electroencephalogram (EEG) di tujuh titik tertentu di kepala kita. Sensor ini fungsinya adalah untuk membaca gelombang otak kita, yang membantu kita untuk melakukan aktivitas dalam game. Misalnya saja, jika di dalam game, kita ingin mengambil bola, maka kita harus fokus mengambil bola dengan menggunakan pikiran.

Penemuan Menakjubkan untuk Masa Depan

Tandanya pikiran kita sudah fokus adalah adanya cahaya-cahaya kecil yang keluar mengenai bola. Artinya, sensor tadi sudah mengerti maksud yang ada di dalam pikiran kita, yaitu untuk mengambil bola. Saat ini, fitur game Awakening masih terus dikembangkan. Kecanggihan teknologi dalam game ini cukup menakjubkan, dan akan menjadi penemuan yang luar biasa untuk masa depan.

Apalagi pemerintah Amerika Serikat dan beberapa perusahaan besar memiliki keinginan untuk mengeluarkan modal untuk mengembangkan teknologi semacam ini. Bahkan katanya Facebook sedang mencari cara untuk menggunakan teknologi VR dengan lebih canggih, misalnya saja kita dapat mengetik di smartphone hanya melalui pikiran. Wah, keren sekali jika teknologi ini benar-benar terwujud!