Fakta Menarik Tentang Bulan

By Aan Madrus, Selasa, 5 September 2017 | 07:36 WIB
Indahnya Bulannya (Aan Madrus)

Pandanglah Bulan di malam hari! Hm .. . cantik sekali. Selain cantik, Bulan memiliki fakta yang menarik.

Planet yang Memiliki Bulan

Sebagian besar planet di Tata Surya memiliki bulan. Hanya Merkurius dan Venus yang tidak memiliki bulan. Bumi memiliki 1 bulan. Mars punya 2 bulan. Jupiter punya 63 bulan. Saturnus punya 56 bulan. Uranus punya 18 bulan. Sedangkan Neptunus punya 8 bulan.

Terlanjur Diberi Nama Bulan

Ketika  peneliti  menemukan satelit alami yang mengitari Bumi, para peneliti memberinya nama Bulan. Setelah itu barulah diketahui bahwa planet-planet lain juga punya bulan. Lalu bulan itu diberi nama. Misalnya bulan Mars disebut Phobos.  Bulan Jupiter disebut Io.  Atau Titan, nama bulan terbesar di Saturnus.  Sementara bulannya Bumi sudah telanjur disebut Bulan. Seolah-olah ia tidak punya nama.

Berapa Ukuran Bulan?

Garis tengah Bulan kira-kira 3.500 km atau sekitar 27,5% dari garis tengah Bumi. Panjang kelilingnya sekitar 10.921 km. Kira-kira  11 kali panjang P. Jawa.

Jarak Bulan dan Bumi

Bulan mengelilingi Bumi dengan orbit berbentuk elips. Pada suatu saat Bulan berada jauh dari Bumi, di saat lain Bulan berada dekat dengan Bumi. Jarak rata-rata Bulan ke Bumi adalah 380.000 km. Kalau kita naik mobil terus menerus dengan kecepatan 100 km/jam, perlu waktu lebih dari 5 bulan untuk sampai ke Bulan.

Berat Badan Turun di Bulan

Besarnya gaya gravitasi di Bulan adalah 17% atau sekitar seperenam gaya gravitasi Bumi. Maka berat badan kita di Bulan pun hanya seperenam berat badan kita di Bumi. Misalnya berat badan kita di Bumi 40 kg, maka di Bulan berat badan kita hanya 6,7 kg. Sebaliknya, kalau di Bumi kita bisa melompat paling jauh 2 meter,  di Bulan kita bisa melompat 6 kali lipatnya. Yaitu 12 meter.

Melihat Sisi Bulan yang Sama