6 Bakteri yang Bisa Membuat Kita Sakit

By willa widiana, Selasa, 12 September 2017 | 05:35 WIB
6 Bakteri yang Bisa Membuat Kita Sakit (willa widiana)

Bakteri bisa menempel di tangan, ponsel, uang, hingga makanan. Dari sekian banyak bakteri, enam bakteri yang suka menempel pada makanan ini bisa membuat kita sakit, lo.

Bakteri apa saja kira-kira? Lalu, di makanan apa mereka menempel? Kita cari tahu, yuk!

E. coli

Nama lengkapnya Escherichia coli, tetapi orang-orang memanggilnya E. coli. Bakteri ini suka menempel pada daging sapi, susu mentah, buah/sayur mentah, hingga air yang terkontaminasi. Bakteri E. coli bisa menyebabkan diare, sakit perut, dan muntah-muntah selama beberapa hari. Supaya kamu tidak terserang bakteri ini, selalu masak daging hingga matang. Cuci buah dan sayur hingga bersih. Konsumsi susu yang sudah dipasteurisasi (dipanaskan hingga suhu 600 derajat celcius).

Campylobacter

Bakteri bernama Campolybacter jejuni ini memiliki bentuk spiral. Ia hidup pada ayam dan sapi. Bakteri ini bisa menyebabkan diare, kram, sakit perut, dan demam selama 2 – 5 hari. Orang yang terinfeksi bakteri ini juga bisa mengalami diare berdarah, serta mual dan muntah. Bakteri ini bisa dicegah dengan cara, memasak daging hingga matang, mencuci tangan setelah menyentuh makanan mentah, dan membersihkan alat-alat dapur dengan benar. Satu lagi, selalu minum susu yang sudah dipasteurisasi, ya!

Listeria

Bakteri Listeria monocytogenes bisa hidup di tanah, air, makanan mentah, dan olahan susu yang tidak dipasteurisasi. Makanan yang disimpan di dalam kulkas masih bisa ditumbuhi bakteri ini. Supaya kulkas kita terhindar dari bakteri ini, selalu bersihkan kulkas dengan teratur. Jika tidak, bakteri listeria akan tumbuh subur di dalam makanan kita. Jika sudah begitu, kita bisa demam, menggigil, sakit kepala, sakit perut, hingga muntah-muntah.

Viberio

Bakteri Vibrio parahaemolyticus hidup di dalam air asin. Jadi, jangan heran kalau bakteri ini bisa menempel dengan mudah pada makanan laut yang masih mentah. Supaya bakteri ini tidak menyerang tubuh kita, selalu masak makanan laut hingga matang. Jika tidak, kita bisa terkena diare berair, kram perut, mual, muntah, demam yang disertai menggigil.

Toxoplasma

Bakteri Toxoplasma gondii bisa hidup di mana saja. Mulai dari daging mentah, air, hingga kotoran kucing. Orang yang terinfeksi bakteri ini biasanya mengalami gejala mirip flu, sakit badan, dan demam. O iya, bakteri ini juga bisa menyebabkan kerusakan otak, mata, dan organ tubuh lainnya. Supaya kita tidak mengalami hal itu, hindari daging yang tidak dimasak dengan benar dan jauhi kotoran kucing. Satu lagi, jangan lupa untuk mencuci tangan!