Ikan Zebra, Ikan Hias dengan Corak yang Menarik

By Yomi Hanna, Kamis, 14 September 2017 | 11:40 WIB
Ikan Zebra mudah dipelihara (Hanna Vivaldi)

Teman-teman pernah mendengar tentang ikan Zebra? Yap, seperti namanya, ikan ini memiliki tubuh belang-belang, seperti hewan Zebra. Zebra danio (Danio rerio) merupakan ikan hias yang berasal dari wilayah Himalaya dan biasa hidup di air tawar.

Ikan zebra banyak hidup di kawasan sungai gangga, India Timur. Dia hidup di bermacam-macam habitat, seperti kanal, parit, sawah, sungai yang arusnya lambat atau pun sungai yang arusnya cepat.

Ciri-ciri Ikan Zebra

Ikan zebra sangat populer di mata orang-orang yang hobi memelihara ikan hias. Ini karena warna ikan Zebra cukup menarik, ditambah lagi karena harganya yang murah. Warna dasar ikan zebra adalah emas atau perak dengan garis yang mendatar, membentang dari insang hingga ke ujung ekor. Garis tersebut biasanya berwarna ungu atau biru.

Ikan zebra memiliki panjang tubuh sekitar 5 sentimeter dan umumnya hidup hanya sampai berusia dua sampai lima tahun.

Ikan Zebra Mudah untuk Dipelihara

Jika teman-teman ingin memelihara ikan zebra, memberi makannya sangatlah mudah. Ini karena ikan zebra termasuk omnivora, yaitu pemakan segala. Apapun yang akan teman berikan, pasti akan dimakannya. Misalnya saja seperti cacing darah, kutu air, atau pun udang laut.

Ikan zebra sangat aktif berenang, dia suka berenang di bagian tengah dan atas akuarium. Oleh sebab itu akuarium sebaiknya tidak ditambahkan terlalu banyak hiasan yang bisa mengganggu pergerakannya.

Teman-teman mau memelihara ikan zebra?