6 Tips Menjaga Kamar Selalu Sehat

By willa widiana, Rabu, 20 September 2017 | 05:05 WIB
6 Tips Menjaga Kamar Selalu Sehat (willa widiana)

Kamar adalah tempat untuk memulihkan tenaga. Namun, kamar juga bisa menjadi sumber penyakit jika tidak dirawat dengan baik. Agar kamar kita tidak menjadi sumber penyakit, Bobo punya 6 tips menjaga kamar selalu sehat, nih!

Buka Jendela

Saat bangun, jangan lupa untuk membuka jendela! Dengan membuka jendela, udara kotor dari dalam kamar akan keluar, lalu digantikan dengan udara pagi yang lebih bersih dan segar. Jika ada sinar matahari yang masuk melalui jendela, biarkan saja! Sinar matahari bisa membantu mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri yang suka membuat kamar jadi lembap.

Tambahkan Tanaman

Apakah kamu punya vas bunga yang sudah diisi tanaman? Jika ada, coba letakkan vas itu di jendela kamar. Selain membuat kamar terlihat lebih indah, tanaman yang ada di dalam pot juga bisa membantu menyaring udara kotor dan senyawa berbahaya yang ada di dalam udara.

Bersihkan Debu

Debu merupakan benda asing yang bisa menganggu pernapasan kita. Selain itu, debu juga membuat kamar jadi kotor. Supaya kamarmu selalu sehat, sering-seringlah membersihkan debu yang ada di dalam kamar. Jika tidak dibersihkan dengan teratur, bisa-bisa debunya menumpuk.

Ganti Seprai

Untuk menjaga kamar selalu sehat, jangan lupa ganti seprai, selimut, sarung bantal, dan sarung guling setiap minggu. Kalau tidak, tempat itu akan menjadi sarang debu dan tungau. Debu yang ada di seprai dan selimut bisa menyebabkan asma, sedangkan tungau bisa menyebabkan gatal-gatal dan masalah kulit lainnya.

Perhatikan Udara untuk Kasur

Ternyata, kasur juga memerlukan udara, lo. Kasur yang digunakan terus-menerus tanpa pernah diganti, bisa menjadi lembab. Kasur yang lembab bisa menjadi sarang bagi lumut, bakteri, dan jamur yang bisa mengganggu kulit kita. Agar hal itu tidak terjadi, rajin-rajinlah menjemur kasur! Jika malas, kita bisa membuka sprei dan membiarkan kasur dalam keadaan terbuka. Udara yang masuk bisa membuat kasur kering secara perlahan.

Alat Pembersih Udara