Hujan Ikan Pernah Terjadi di 5 Negara Ini

By Yomi Hanna, Selasa, 3 Oktober 2017 | 05:45 WIB
Ilustrasi hujan. (Hanna Vivaldi)

Hujan ikan merupakan peristiwa hujan yang cukup langka dan unik. Menurut para ahli, ikan-ikan yang jatuh dari langit itu terjadi karena adanya badai besar di sebuah wilayah. Badai ini yang membawa dan menerbangkan ikan hingga ke daratan.

Nah, di dunia ada beberapa negara yang pernah mengalami fenomena alam ini. Negara apa saja, ya?

1. Sri Lanka

Hujan ikan ternah terjadi pada tahun 2014 di Sri Lanka. Banyak ikan yang berjatuhan dari langit di Chillaw, Sri Lanka. Ikan yang jatuh berukuran sepanjang 5-8 sentimeter dan masih dalam keadaan hidup.

2. Australia

Hujan ikan terjadi di awal tauhun 2010 di wilayah Lajamanu, Australia. Ikan-ikan yang masih hidup berjatuhan dari langit karena adanya terjangan tornado dari ratusan mil jauhnya.

Baca Juga: Hujan Ikan di Meksiko

3. India

Di India, hujan ikan pernah terjadi di beberapa daerah seperti Andhara Pradesh tahun 2015, di Kerala tahun 2008, Bhandwad tahun 2009, dan di Mumbay tahun 2016. Yang paling baru terjadi di wilayah Bharaptur. Ikan yang jatuh ukurannya sangat besar, per ekornya bisa mencapai 2-7 kilogram. Wow, berat sekali!

4. Ethiopia

Di Januari 2016, hujan ikan terjadi di daerah Dire Dawa, Ethiopia. Masyarakat setempat menyebut peristiwa ini merupakan berkah dari Tuhan.

5. Filipina

Di Toretto, Filipina, sebanyak 72 ikan kecil jatuh dari langit. Ikan-ikan kecil tersebut jatuh dalam kondisi yang masih hidup. Penduduk setempat pun mengumpulkannya lalu memasukkan ikan-ikan itu ke dalam akuarium.