Kacang Macadamia, Kacang Termahal di Dunia

By Yomi Hanna, Selasa, 3 Oktober 2017 | 11:13 WIB
Kacang macadamia, kacang termahal di dunia (Hanna Vivaldi)

Macadamia adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang masih jarang diketahui banyak orang. Kacang ini aslinya berasal dari Asutralia. Karena rasanya yang enak, kacang ini mulai dibudidayakan juga di Indonesia.

Kacang Macadamia Tumbuh dengan Baik di Indonesia

Seorang insinyur peneliti kacang macadamia yang bernama Suyanto Kartoseowarno mengatakan bahwa pada tahun 1971, bibit kacang ini dibawa dari Hawaii ke Indonesia. Bibit tersebut lalu ditanam di kebun kopi Blawan, Bondowoso, Jawa Timur sebanyak 105 pohon. Pertumbuhan tanaman tersebut di ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut cukup bagus dan menghasilkan buah yang lebat.

Butuh Waktu yang Lama

Untuk menghasilkan kacang macadamia, kita harus menunggu hingga 7-10 tahun lamanya, lo, teman-teman. Cukup lama, bukan? Itulah kenapa harga kacang macadamia sangat mahal dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

Manfaat Kacang Macadamia

Selain itu, kacang ini menjadi mahal karena rasanya yang lembut dan minyak yang dihasilkannya. Biji kacang macadamia bisa menghasilkan minyak hingga 80 persen. Nantinya, minyak tersebut dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan menjadi bahan alternatif untuk membuat pelembab kulit.

Jika dimakan, kacang macadamia dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti dapat menjaga bakteri baik pada usus, melancarkan pencernaan, melancarkan buang air besar, dan menyehatkan organ jantung.