Cemas Jika Jauh dari Ponsel? Bisa Jadi Kamu Terkena Fobia

By Yomi Hanna, Sabtu, 7 Oktober 2017 | 08:32 WIB
Tips Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Rusak. (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman mempunyai rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal atau benda? Kalau iya, berarti teman-teman mungkin mengalami yang namanya fobia. Beberapa di antaranya bisa saja fobia jika melihat badut, fobia jika berada di dalam ruangan gelap, fobia jika berada di tempat lain, dan jenis fobia lainnya.

Namun, tahukah teman-teman kalau ternyata di dunia ini ada juga orang yang mengalami fobia terhadap banyak hal yang berhubungan dengan teknologi? Fobia terhadap teknologi ini memang masih jarang terdengar. Karena fobia ini dianggap rasa takut yang unik karena jarang dialami manusia. Bahkan psikolog juga belum menemukan cara menyembuhkan orang yang terkena fobia terhadap hal-hal yang berbau teknologi ini.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis fobia terhadap teknologi yang perlu teman-teman ketahui. Apa saja, ya?

1. Technophobia

Fobia ini adalah rasa takut terhadap efek teknologi yang ada. Bayangkan saja, semua inovasi dan temuan teknologi yang baru, bisa membuat penderita fobia ini menjadi cemas. Bahkan mereka merasa teknologi itu dapat membahayakan hidupnya.

2. Nomophobia

Nomophobia merupakan rasa ketakutan dan panik yang dialami penderita jika dia jauh dari ponsel. Misalnya saja saat baterai ponselnya habis atau saat dia berada di daerah tanpa sinyal. Kasian, ya, bagaimana kalau ponselnya ketinggalan di rumah saat mereka bepergian? Pasti penderitanya akan merasa cemas sekali. Ini bisa saja terjadi karena seseorang sudah ketagihan menggunakan ponsel.

3. Cyberphobia

Cyberphobia adalah orang yang takut terhadap komputer. Sepertinya orang yang mengalami fobia ini tidak bisa bekerja di perkantoran, ya, teman-teman. Karena di kantor atau sekolah biasanya terdapat banyak komputer.

4. Selfiephobia

Semenjak smartphone sudah banyak di mana-mana, tren selfie semakin sering dilakukan. Namun, ada juga ternyata orang yang takut dengan foto selfie, lo. Biasanya orang yang mengalami fobia ini tidak mau berfoto selfie karena takut hasil fotonya tidak sesuai dengan yang diharapkannya. Mungkin ini juga bisa terjadi karena penderitanya kurang rasa percaya diri.

5. Telephonobia

Telephonobia adalah ketakutan terhadap panggilan telepon. Jika ada yang meneleponnya, apalagi dari nomor yang tidak dikenal, penderitanya akan merasa takut. Biasanya penderita telephonobia ini adalah orang yang sering ditagih hutang atau pernah diteror lewat telepon.