4 Tanaman Beracun dan Bisa Melukai Kita

By willa widiana, Sabtu, 7 Oktober 2017 | 07:46 WIB
Christmas Rose, Tanaman Beracun dan Bisa Melukai Kita (willa widiana)

Apa yang ada dibayanganmu ketika mendengar kata tanaman? Mungkin kamu akan membayangkan bunga yang cantik dan wangi atau buah yang manis dan segar. Tapi, apakah kamu pernah membayangkan tanaman yang sedang memangsa serangga? Atau tanaman beracun yang bisa membunuh hewan? Pasti tidak!

Nah, di artikel ini, Bobo akan mengajak kamu berkenalan dengan tanaman beracun dan bisa melukai kita. Ada tanaman apa saja, ya, kira-kira?

Gympie Gympie

Tanaman yang memiliki nama latin Dendrocnide axcelsa ini bisa ditemui di Australia dan Maluku, Indonesia. Tanaman ini memang tidak memangsa hewan, seperti dua tanaman sebelumnya. Tetapi, tanaman ini bisa melukai manusia serta hewan lainnya.

Gympie gympie memiliki racun yang cukup kuat dan menyakitkan. Bahkan, racun tersebut terkenal bisa membunuh kuda dan anjing. Jika terkena kulit, maka kita akan merasakan panas dan sakit, sama seperti kita mengalami luka bakar atau luka tersengat listrik.

Doll’s Eye

Tanaman yang satu ini memiliki nama latin Actaea pachypoda, tanaman ini berasal dari Amerika. Sekilas… bunga ini lebih mirip buah atau biji, daripada bunga. Dalam satu tangkai, biasanya terdiri dari 10 bunga atau lebih. O iya, tangkai bunga ini berwarna merah dan bisa mencapai tinggi dua kaki.

Selain bentuknya yang aneh, tanaman ini juga cukup berbahaya, karena mengandung racun. Konon, racun tanaman ini bisa membuat kita berhalusinasi, pusing, melemahkan detak jantung, bahkan bisa membunuh seorang manusia, lo. Meski berbahaya, racun tanaman ini tidak terlalu berpengarung kepada burung. Tanaman ini justru bekerja sama dengan burung untuk menyebarjkan bijinya di tempat-tempat lain. Jika kamu menemukan tanaman ini, jangan coba-coba untuk memakannya, ya!

Strychnine tree

Tanaman asal India yang memiliki nama latin Strychnos nux-vomica ini memiliki dua jenis racun. Racun pertama adalah strychnine yang ada di dalam buahnya. Biasanya, racun ini digunakan sebagai pestisida untuk mengusir hewan pengerat, burung, dan hama-hama lainnya.

Racun yang kedua adalah brucine, racun ini terdapat di kulit. Racun tersebut bisa membuat orang yang memakannya kejang-kejang dan mengalami gagal ginjal. Akan tetapi, tanaman ini digunakan sebagai obat alternatif dalam mengobati penyakit jantung dan kanker. Tapi, sampai saat ini, belum ada ilmu pengetahuan yang mendukung hal ini.

Christmas rose