Mengenal Bintang Laut Lewat Ordonya

By willa widiana, Jumat, 6 Oktober 2017 | 09:16 WIB
Ordo Velatida (willa widiana)

Bintang laut itu banyak jenisnya. Tapi, bintang laut bisa dikelompokkan berdasarkan ordonya. Setiap ordo memiliki ciri fisik dan kebiasaan yang berbeda-beda, lo.

Brisingida

Bintang laut yang ada di ordo ini biasanya memiliki 6 – 20 lengan yang cukup panjang dan berduri. Oiya, beberapa spesies dari ordo ini memiliki lengan yang bulat dengan sedikit penghisap. Bintang laut ini biasanya hidup di perairan dalam, tapi ada juga yang hidup di perairan dangkal Antartika.

Forcipulatida

Nah, kalau bintang laut yang ada di ordo ini memiliki lengan yang pendek dan kuat. Lengan mereka dilengkapi dengan empat baris penghisap datar. Bintang laut ini cukup terkenal dan mudah ditemui, terutama di daerah beriklim sedang.

Notomyotida

Kamu pasti pernah melihat bintang laut dengan diameter tengah yang kecil, tapi memiliki lengan yang panjang dan tipis. Itulah bintang laut ordo notomyotida. Karena tinggal di laut dalam, maka bintang laut ini memiliki lengan yang fleksibel.

Paxillosida

Beberapa jenis bintang laut selalu mengeluarkan bagian dalam perut mereka saat makan. Tapi, hal itu tidak berlaku bagi bintang laut di ordo ini. Oiya, bintang laut ini biasanya hidup di daerah yang memiliki dasar lembut, seperti pasir dan lumpur.

Spinulosida

Ada bintang laut yang berlengan panjang, namun terlihat seperti tidak memiliki bagian tengah. Ternyata, bintang laut itu masuk ke dalam ordo spinulosida. Oiya, bintang laut ordo ini biasanya punya duri halus di atasnya.

Valvatida