Inilah 7 Bahasa Tubuh Anjing yang Perlu Kamu Ketahui

By Yomi Hanna, Senin, 9 Oktober 2017 | 06:15 WIB
Anjing merupakan hewan yang bisa dijadikan polisi. (Hanna Vivaldi)

Ketika memelihara seekor anjing, perasaan kita akan senang jika bisa memahami mereka. Misalnya bagaimana anjing menunjukkan rasa senangnya, rasa marah, atau pun rasa takutnya. Menurut penelitian, anjing dapat menunjukkan ekspresi atau pun emosi mereka lewat wajah dan tindakan, lo, teman-teman. Yuk, kita lihat apa saja bahasa tubuh yang dimiliki hewan ini!

1. Aman untuk Didekati

Jika kamu melihat anjing dengan telinga yang naik, posisi kepalanya tinggi, mulut agak terbuka, lidahnya menjulur, ekornya diturunkan, lalu ia sedang berdiri dengan santai, itu artinya anjing tersebut aman untuk didekati.

2. Sedang Waspada

Saat telinga anjing maju ke depan, ukuran matanya membesar, lalu ia berdiri agak jinjit, mulutnya menutup, itu tandanya anjing ini sedang mencurigai dan mendeteksi sesuatu. Ini yang akan dilakukan.

3. Terlalu Bersemangat

Ada kalanya anjing merasa terlalu bersemangat. Ini ditunjukkannya dengan telinga yang maju ke depan, gigi yang menyeringai, mulut terbuka, berdiri kaku dengan ekor yang tegak ke atas. Anjing ini merasa agresif dan percaya diri. Hati-hati, ya, jika ingin mendekatinya.

Baca juga : 5 Fakta Seru Seputar Anjing

4. Ketakutan

Jika anjing sedang ketakutan, kita bisa mengetahuinya dengan melihat telinga anjing yang mengarah ke belakang, pupil matanya membesar, tubuhnya perlahan-lahan merendah, dan ekor yang diselipkannya di antara kedua kaki bagian belakang.

5. Stres dan Tertekan

Anjing yang sedang stres dan tertekan akan mengarahkan telinganya ke belakang dengan pupil mata yang membesar. Selain itu, tubuhnya juga merendah serta ekornya terlihat lemas dan lunglai.