6 Tempat yang Tidak Boleh Dikunjungi Wisatawan

By willa widiana, Selasa, 10 Oktober 2017 | 04:48 WIB
Pulau Surtsey (willa widiana)

Tempat indah dan unik selalu menjadi incaran wisatawan. Tetapi, enam tempat ini sengaja dirahasiakan dan tidak boleh dikunjungi oleh wisatawan. Kira-kira, kenapa wisatawan tidak boleh berkunjung ke tempat itu?

Daripada penasaran, lebih baik kita langsung cari tahu saja, yuk, Teman-teman! Inilah 6 tempat yang tidak boleh dikunjungi wisatawan.

Pulau Surtsey, Iceland

Pulau ini terbentuk karena letusan gunung berapi bawah laut. Dari tahun 1963 – 1967, gunung berapi bawah laut itu sudah meletus beberapa kali. Dari letusan itu, terbentuklah Pulau Surtsey. Setelah berhenti meletus, ilmuwan mulai melakukan penelitian. Mereka ingin tahu, tumbuhan dan hewan apa yang akan muncul di pulau ini. Untuk memperlancar penelitian, pulau inipun dirahasiakan dari wisatawan. Ilmuwan yang diizinkan ke pulau inipun tidak banyak.

Pulau Sentinel Utara, Kepulauan Andaman

Pulau kecil ini dikelilingi oleh hutan dan terumbu karang. Di pulau itu, hidup satu suku bernama Sentinel. Para wisatawan tidak diizinkan ke pulau ini, karena Suku Sentinel termasuk suku primirif yang menolak berhubungan dengan dunia luar. Pada tahun 2006, ada dua orang yang  meninggal karena memancing di sekitar pulau. Saat kepolisian India berusaha mengambil jasad kedua orang itu, penduduk pulau malah menyerang mereka dengan anak panah.

Gua Lascaux, Prancis

Gua ini ditemukan pada tahun 1940. Di dalam dinding gua, ada lukisan dari zaman batu. Bahkan, beberapa lukisan itu ada yang berusia 17.300 tahun. Hal itu tentu sangat menarik perhatian para turis. Tapi, pada tahun 1955, lukisan batu itu mulai rusak karena karbon dioksida, panas, dan udara lembap yang dikeluarkan oleh para wisatawan. Akhirnya, pada tahun 1963, tempat inipun ditutup dan tidak boleh dikunjungi wisatawan.

Diego Garcia, Kepulauan Chagos

Tempat ini berada di kepulauan Chagos, negara yang paling dekat dengan tempat ini adalah Sri Lanka dan Maladewa. Tetapi, pulau ini berada di bawah Teritorial Laut Hindia Inggris. Sejak tahun 1973, penduduk di pulau ini dideportasi secara paksa. Alasannya, akan dibangun pangkalan militer. Karena hal itu, tempat ini pun tidak bisa dikunjungi oleh wisatawan, padahal pulau ini punya pemandangan yang indah. Sayang sekali, ya!

Ilha da Queimada Grande, Brazil

Pulau kecil yang menjadi bagian dari Brazil ini tidak boleh dikunjungi wisatawan karena di dalamnya hidup ribuan ular. Menurut data penelitian, setiap satu meter dari pulau ini dihuni oleh satu ular. O iya, ular yang hidup di pulau ini adalah Bothrops insularis. Itu adalah ular dari keluarga viper yang berbisa.