5 Fakta Unik Negara Korea Selatan

By Yomi Hanna, Selasa, 10 Oktober 2017 | 04:51 WIB
Fakta unik Korea Selatan (Hanna Vivaldi)

Korea Selatan yang sering disebut sebagai negeri ginseng ini memang kaya akan budaya. Meski perkembangan teknologi sudah sangat maju di negara ini, tapi budaya kunonya masih dijaga dengan baik. Kebiasaan-kebiasaan tradisional yang lama pun tidak ditinggalkan begitu saja.

Nah, di bawah ini ada 5 fakta lainnya tentang negara Korea Selatan. Apa saja, ya?

1. Sebagian Besar Punya Penglihatan Buruk

Warga negara Korea Selatan dikenal dengan kebiasaannya yang sering memainkan gadget. Karena kebiasaan ini, sebagian besar orang Korea Selatan mempunyai penglihatan yang buruk. Kebanyakan dari mereka memakai kacamata, bahkan yang berusia muda sekalipun.

2. Apakah Kamu Sudah Makan?

Di Korea Selatan, terdapat banyak tempat makan atau jajanan, restoran, atau pun kafe di sepanjang jalan. Jika kamu pergi ke negara ini dan bertemu dengan teman asli warga negara Korea Selatan, jangan heran mereka akan lebih dulu menanyakan “Apakah kamu sudah makan?” dari pada menanyakan “Apa kabar?”

Makanan yang paling penting di sana adalah kimchi, yang merupakan makanan tardisional. Kimchi terdiri dari sayuran yang telah diberi bumbu dan diawetkan.

3. Jangan Menulis Nama dengan Tinta Merah

Di negara ini ada kepercayaan yang mengatakan bahwa jika kamu menulis nama seseorang dengan menggunakan tinta berwarna merah, maka orang tersebut akan mengalami masalah serius dalam waktu dekat. Karena itu merupakan kebiasaan mereka, selama kamu berada di negara ini sebaiknya jangan pernah gunakan tinta merah untuk menulis apapun, ya!

4. Hanya Menggunakan Internet Explorer

Di Korea Selatan semua orang menggunakan Internet Explorer sebagai browser. Mereka tidak tahu bahkan tidak tertarik akan browser lainnya. Ini karena situs di negara Korea Selatan memang dirancang hanya untuk Internet Explorer, jika menggunakan browser lain, bisa jadi tidak bisa diakses dengan baik. Mereka juga mempunyai mesin pencari seperti Google, yaitu naver.com.

5. Makna Bendera Negara yang Sangat Dalam

Bagian belakang bendera Korea Selatan berwarna putih yang melambangkan warna nasional negara ini. Warna putih bagi mereka melambangkan kedamaian dan kemurnian. Lalu lingkaran yang ada ditengah bendera terinspirasi dari yin dan yang, melambangkan keseimbangan alam semesta. Bagian birunya melambangkan energi negatif, sedangkan yang berwarna merah melambangkan energi positif. Trigram yang ada di bagian tepi jumlahnya ada empat, masing-masing melambangkan angin, api, air, dan bumi.