Musim Hujan, Hati-hati Cacingan

By willa widiana, Selasa, 10 Oktober 2017 | 10:34 WIB
Musim Hujan, Hati-Hati Cacingan (willa widiana)

Musim hujan sudah datang, larva cacing mulai menyebar luas. Teman-teman harus hati-hati dengan penyakit cacingan, ya! Penyakit ini biasanya meningkat di musim hujan.

Kenapa kita bisa cacingan?

Penyakit cacingan disebabkan oleh telur cacing yang menetas di dalam tubuh kita. Setelah menetas, cacing-cacing itu akan mengambil zat gizi dan darah yang ada di tubuh kita. Jika sudah begitu, tubuh pun jadi lemah dan tidak sehat. Tak hanya itu, cacingan juga bisa membuat kecerdasan kita menurun, lo, Teman-teman.

Baca juga: 5 Hewan Kecil yang Berguna Bagi Rumah!

Kira-kira... bagaimana telur cacing masuk ke tubuh kita?

Ukuran telur cacing sangat kecil. Saking kecilnya, telur cacing bisa terbawa kemana-mana bersama debu. Telur cacing yang terbawa oleh debu itu bisa menempel pada makanan dan minuman yang disimpan di tempat tak bersih. Nah, lewat makanan dan minuman itulah telur cacing masuk ke tubuh kita.

Tak hanya makanan dan minuman, telur cacing juga bisa menempel pada tangan dan kaki kita. Untuk menghindari hal itu, selalu gunakan alas kaki saat bermain di luar ruangan. Selain itu, jangan lupa untuk cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, serta sebelum dan setelah menggunakan toilet.

Kenapa cacingan meningkat di musim hujan?

Di beberapa daerah, sungai dijadikan tempat untuk membuang tinja. Padahal, tinja mengandung telur cacing. Saat musim hujan, air dari sungai bisa meluap dan menggenang di sekitar rumah. Jika sudah begitu, telur cacing akan tersebar dengan cepat dan luas. Nah, hal itulah yang membuat penyakit cacingan meningkat di musim hujan.

Baca juga: Kadal Cacing, Bertangan tapi Tak Berkaki

Nah, Teman-teman, sekarang kamu sudah tahu, kan, apa hubungan musim hujan dengan cacingan?

Kotak Fakta: