5 Tanaman Unik dan Beracun

By willa widiana, Rabu, 11 Oktober 2017 | 06:35 WIB
Lily of the valley (willa widiana)

Tanaman itu banyaakkk... jenisnya. Setiap tanaman punya keunikan yang berbeda-beda. Semakin unik suatu tanaman, semakin mahal lah harganya. Di artikel ini, Bobo akan membahas 5 tanaman unik dan beracun.

Lily of the Valley

Bunga asli Eropa ini banyak tumbuh di Inggris. Bunga kecil yang wangi ini hanya mekar di bulan April atau Mei. Di bulan September, bunganya akan berubah menjadi buah kecil berwarna merah. Mirip buah beri. Tapi sayang, setiap bagian dari bunga ini mengandung racun yang berbahaya untuk tubuh kita. Terutama jantung. Meski beracun, bunga ini tetap dijual. Harga satu tangkainya bisa mencapai Rp.500.000,00! Mahal sekali, ya!

Pokeberry

Buahnya kecil-kecil. Saat mentah warna hijau, saat matang warnanya berubah menjadi biru kehitaman. Buah ini kaya akan vitamin A, tetapi buah ini juga kaya akan racun.

Racun pada buah ini bisa membuat kita diare, mual, kesulitan bernapas, sakit kepala, hingga tekanan darah menurun. Meski beracun, ada beberapa burung yang suka makan buah pokeberry.

Baca Juga: 4 Tanaman Beracun yang Bisa Melukai Kita

Aconitum

Bunga cantik berwarna ungu ini punya racun yang cukup berbahaya, lo! Menurut beberapa laporan, racun bunga aconitum bisa membuat mual, diare, rasa terbakar di tubuh, hingga kematian.

Orang Ainu di Jepang, Suku Minaro di Himalaya, dan orang Tionghoa suka menggunakan racun bunga ini di mata panah mereka. Racun bunga ini bisa masuk dengan mudah melalui kuli, jadi kita harus menggunakan sarung tangan saat memegangnya.

Cytisus scoparius

Bunga cantik berwarna kuning ini sering dipanggil sapu inggris. Apa alasannya? Bobo juga belum tahu! Tanaman ini mengandung racun, terutama di bagian benihnya. Tak hanya beracun, bunga ini juga cukup menggangu ternyata.

Saat tumbuh lebat, ia bisa menutupi padang rumput dan menutupi penyerapan air. Jika sudah begitu, ternak jadi kehilangan tempat makan.