Yuk, Wisata ke Danau Linow!

By Yomi Hanna, Kamis, 12 Oktober 2017 | 09:39 WIB
Pemandangan Danau Linow (Hanna Vivaldi)

Danau Linow adalah danau cantik yang terdapat di daerah Tomohon, Sulawesi Utara. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi jika ke Tomohon. Bagaimana kah pemandangan yang ada di Danau Linow ini?

Perjalanan Menuju Danau Linow

Dari Kota Tomohon menuju Danau Linow hanya menempuh perjalanan sejauh 3 kilometer saja. Di perjalanan menuju danau tersebut, ada banyak pemandangan hijau dari perbukitan yang ditumbuhi pohon-pohon besar. Pemandangan Gunung Lokon juga menambah keindahan perjalanan karena bentuknya segitiga yang hampir sempurna.

Disambut dengan Bau Belerang

Nama Linow berasal dari bahasa Minahasa yaitu lilinowan. Artinya adalah tempat berkumpulnya air. Begitu kita tiba di Danau Linow, tercium aroma telur busuk yang menusuk hidung. Bau ini berasal dari belerang yang tersebar di sekitar danau. Belerang yang ada merupakan sisa letusan Gunung Mahawu yang sudah terjadi ratusan tahun yang lampau.

Warna Danau Linow Bisa Berubah

Keistimewaan Danau Linow adalah warna airnya yang dapat berubah-ubah menjadi hijau, biru, dan kuning kecokelatan. Kenapa Warna Airnya Dapat Berubah-ubah? Warna air dapat berubah karena adanya unsur belerang yang terdapat di dalam danau dan juga karena adanya pembiasan atau pantulan sinar matahari.

Jangan Berenang

Jika ingin berkunjung ke Danau Linow, datanglah saat pagi hari. Karena di pagi hari udara masih bersih, sunyi, dan tenang. Namun jangan berenang di danau tersebut, karena kandungan belerangnya cukup tinggi. Bahaya jika terkena kulit, akan menyebabkan luka.