Sepatu Ramah Lingkungan dari Alga

By Lila, Senin, 16 Oktober 2017 | 06:00 WIB
Sepatu dari alga ini kuat dan bisa dipakai di tanah kering, sungai, maupun di laut. Sebab, lubang-lubang di sepatu ini dirancang untuk menyiram air keluar. (Lila)

Sepatu ini terbuat dari alga. Teman-teman tahu alga, kan? Alga adalah golongan tumbuhan yang hidup di air laut maupun air tawar, tapi lebih banyak ditemukan di air laut. Waah.. unik, ya! Bagaimana caranya 'menyulap' alga menjadi sepatu? Yuk, cari tahu!

Sepatu Galahad

Galahad Clark, dari keluarga pembuat sepatu merk terkenal Clarks, bisa dikatakan cukup nekat. Ia mendesain sepatunya sendiri yang terbuat dari alga. Vivobarefoot, perusahaan sepatu berdesain minimalis miliknya, meluncurkan sepatu ini pada 2014.

Sepatu dari alga ini disebut Galahad, memberikan alternatif bagi orang-orang yang tidak ingin memakai sepatu. Sebab, solnya yang tipis dirancang untuk berlari sehingga setiap saraf di kaki terhubung dengan permukaan tanah yang sedang diinjak.

Bagaimana Caranya Alga Berubah Menjadi Sepatu?

Dari hasil penelitian yang dilakukan Vivobarefoot, ganggang yang sudah dipanen akan dikeringkan.

Lalu, diproses dengan polimerisasi menjadi pelet, dan digabungkan dengan senyawa lain untuk membentuk busa yang fleksibel dan lentur. Ganggang yang digunakan adalah ganggang biru-hijau, yang merupakan sebuah polimer.

Ganggang ini disedot dari danau dan dikeringkan di bawah sinar matahari secara terus-menerus, sehingga menghasilkan serpihan seperti arang. Serpihan ini lalu dihancurkan menjadi bubuk, lalu dibuat menjadi pelet. Kemudian, pelet diinjeksi ke dalam panel untuk dibuat serat.

Kualitas busa yang dihasilkan alga dikatakan serupa dengan busa yang berasal dari minyak bumi tradisional. Busa alga cukup fleksibel untuk digulung menjadi bola, dengan sebuah sol putih tipis yang bagian atasnya ditutup dengan lapisan berlubang-lubang.

Serunya, sepatu dari alga ini kuat dan bisa dipakai di tanah kering, sungai, maupun di laut. Sebab, lubang-lubang di sepatu ini dirancang untuk menyiram air keluar.

Ramah Lingkungan

Berkolaborasi dengan perusahaan Foam Bloom yang berpusat di San Diego, Amerika, Vivobarefoot menciptakan sepatu alga versi Ultra III yang telah diperbarui dan lebih ramah lingkungan.