4 Hiu Berjalan yang Ada di Indonesia

By willa widiana, Senin, 16 Oktober 2017 | 11:05 WIB
Hiu Berjalan Raja Ampat (Hemiscyllium freycineti) (willa widiana)

Umumnya, hiu berenang untuk mencari mangsa. Namun, ternyata ada juga jenis hiu yang 'berjalan' menggunakan sirip-siripnya di dasar laut! Jenis hiu yang unik ini dinamakan walking shark atau hiu berjalan. Di dunia, ada sembilan jenis hiu berjalan. Dari sembilan jenis hiu berjalan itu, lima di antaranya hidup di Indonesia. Dari lima hiu, hanya empat hiu yang endemik Indonesia. Supaya kamu tidak penasaran, Bobo akan langsung mengenalkan 4 hiu berjalan yang ada di Indonesia.

1. Hiu Berjalan Raja Ampat (Hemiscyllium freycineti)

Sesuai dengan namanya, hiu ini hidup di perairan Kepulauan Raja Ampat. Hiu berukuran 64 cm ini punya kulit cokelat berbintik, mirip seperti macan tutul. Hiu yang suka makan hewan kecil ini hidup di perairan dangkal dengan kedalaman 0 – 12 meter.

Baca juga: Yuk! Kenalan dengan hiu lebih dekat!

Tempat yang dijadikan rumah oleh hiu berjalan raja ampat adalah perairan dangkal yang memiliki terumbu karang, pasir, dan rumput laut. Sayang, terumbu karang yang menjadi tempat tinggalnya banyak yang rusak. Keberadaan hiu lucu inipun mulai terancam punah.

2. Hiu Berjalan Teluk Cendrawasih (Hemiscyllilium galei)

Hiu berjalan ini hidup di perairan Teluk Cendrawasih, Papua Barat. Ia tinggal di sekitar terumbu karang yang ada di kedalaman 2 – 4 meter. O iya, hiu ini termasuk hewan nokturnal, jadi ia hanya berkeliaran pada malam hari. Di siang hari, ia akan bersembunyi.

H. galei masih bersaudara dengan H. freycineti. Meski bersaudara, ada beberapa perbedaan fisik diantara mereka. Perbedaan yang paling menyolok adalah bintik gelap berukuran besar di sisi tubuh H. galei. Selain itu, ia juga punya tanda putih di tubuh bagian atasnya.

3. Hiu Berjalan Halmahera (Hemiscyllilium halmahera)

Sekilas, hiu ini mirip dengan hiu berjalan teluk cendrawasih. Hanya saja, warna tubuhnya lebih gelap. Lalu, bintik gela[ dan putih yang ada di tubuhnya lebih kecil dan tak beraturan. O iya, ukuran tubuh hiu ini hanya 70 cm.

Hiu yang hidup di sekitar Kepulauan Halmahera ini suka sekali makan kepiting, udang, dan moluska. Sama seperti sudaranya, hiu ini hidup di sekitar terumbu karang dan senang merayap di dasar laut dengan kedua siripnya.

4. Hiu Berjalan Teluk Triton Kaimana (Hemiscyllilium henryi)

Hiu berjalan yang satu ini hidup di sekitar Telur Triton, Papua Barat bagian selatan. Ia hidup di kedalaman 3 – 30 meter, lebih dalam daripada saudara-saudaranya. Meski lebih dalam, ia tetap memilih terumbu karang untuk dijadikan rumah.