6 Fakta Seputar Meteorid

By willa widiana, Selasa, 17 Oktober 2017 | 10:51 WIB
6 Fakta Seputar Meteorid (willa widiana)

Meteorid merupakan salah satu benda antariksa yang menarik untuk diselidiki. O iya, benda langit ini menyimpan 6 fakta yang cukup menarik, lo! Penasaran? Berikut 6 fakta seputar meteorid yang harus kamu tahu!

Beda Ukuran, Beda Nama

Benda langit yang mirip batuan disebut meteorid. Ukuran meteorid yang paling besar sekitar 10 meter. Jika ukuran benda langit itu lebih besar (mencapai ratusan meter), namanya berubah menjadi asteroid. Saking besarnya, asteroid sering dijuluki planet mini.

Beda Tempat, Beda Nama

Saat berada di luar angkasa, benda yang mirip batu itu akan disebut meteorid. Jika benda itu menyentuh atmosfer bumi dan mengeluarkan cahaya, namanya berubah jadi meteor. Jika benda itu berhasil jatuh ke permukaan bumi, namanya berubah lagi jadi meteorit.

Beda Kecepatan

Meski sama-sama terbang di angkasa, meteorid punya kecepatan yang berbeda-beda. Menurut catatan ilmuwan, meteorid tercepat pernah melaju dengan kecepatan 42 kilometer per detik.

Ratusan dalam Setahun

Menurut perkiraan, setiap tahun ada ratusan meteorid yang menghantam atmosfer bumi. Dari sekian banyak meteor, biasanya hanya ada 5 meteor yang berhasil sampai ke permukaan bumi. Ratusan meteor lainnya hilang saat bergesekan dengan atmosfer bumi.

Ribuan

Para ilmuwan telah berhasil menemukan 40.000 ribu meteor. Namun, dari semua itu, hanya sekitar 1000 meteor yang sampai ke bumi dan ditemukan oleh ilmuwan. O iya, meteor lebih mudah terlihat di langit yang gelap.

Berbahaya