Inilah 6 Fakta Tentang Bumi

By willa widiana, Sabtu, 21 Oktober 2017 | 03:35 WIB
6 Fakta Seputar Bumi (willa widiana)

Bumi adalah sebuah planet yang dihuni banyak makhluk hidup. Selain menyimpan banyak makhluk hidup, bumi juga menyimpan banyak fakta, lo. Dari sekian banyak fakta, ada 6 fakta tentang bumi yang Bobo ketahui, nih!

Fakta 1 – Bentuk Bumi

Para pelaut zaman dahulu mengira, bahwa bumi itu berbentuk bulat datar, seperti piring. Hal itulah yang membuat orang zaman dulu menganggap laut berujung dengan sebuah jurang yang dalam.

Baca juga: Bumi Sudah Sesak dan Tidak Nyaman

Namun, setelah dilakukan pelayaran keliling bumi, mereka akhirnya tahu kalau bumi itu berbentuk bulat dengan bagian atas dan bawahnya agak datar. Bagian bumi yang agak datar itu adalah bagian kutubnya. Selain memiliki kutub, bumi juga memiliki garis lingkar yang bernama garis khatulistiwa di bagian tengahnya.

Fakta 2 – Besar Bumi

Kita semua pasti pensaran, “Sebesar apakah bumi?” Ternyata… bumi itu memiliki keliling sejauh 40.000 km. Jarak itu bisa kita tempuh dengan berjalan kaki selama 10 jam/hari, selama dua tahun.

Jika menggunakan mobil selama 10 jam/hari dengan kecepatan 100 km/jam, bumi bisa dikelilingi dalam waktu 40 hari. Pesawat terbang, bisa mengelilingi bumi dalam waktu dua hari. Cepat, ya! Tapi, yang paling cepat adalah pesawat antariksa. Benda ini bisa mengelilingi bumi dalam waktu 1,5 jam.

Fakta 3 – Warna Bumi

Dalam film animasi, bumi selalu digambarkan dengan warna hijau dan biru. Padahal, jika dilihat dari ruang angkasa, planet yang kita tinggali ini berwarna biru. Nah, hal itulah yang membuat bumi dijuluki planet biru. O iya, warna biru itu berasal dari air yang ada di bumi.

Seperti kita tahu, 2/3 dari planet kita ini diisi oleh air. Semua air itu tersebar di lima samudera, ratusan laut, serta jutaan danau dan sungai yang tersebar di seluruh bumi. O iya, jumlah air di bumi itu selalu sama (tidak bertambah dan tidak pula berkurang).

Fakta 4 – Bumi Berputar

Bumi membutuhkan waktu 365 hari (satu tahun) untuk mengelilingi matahari, tapi bumi hanya membutuhkan waktu satu hari untuk berputar pada porosnya. Perputaran bumi pada porosnya inilah yang menyebabkan terjadinya siang – malam.