Apa Bedanya Bebek, Angsa Berleher Panjang, dan Angsa Berleher Pendek?

By Cirana Merisa, Kamis, 2 November 2017 | 03:24 WIB
Angsa berleher panjang memiliki panjang mencapai 150 sentimeter. (Cirana Merisa)

“Potong bebek angsa, masak di kuali”. Teman-teman pasti tahu kan lagu itu. Dalam lagu itu terkesan kalau bebek dan angsa adalah satu hewan yang sama. Tapi sebenarnya mereka berbeda, lo.

Bentuk Tubuh

Dalam bahasa Inggris, bebek disebut duck, angsa berleher panjang disebut swan, dan angsa berleher pendek disebut goose.

Tubuh angsa lebih besar daripada bebek, baik itu angsa berleher panjang maupun angsa berleher pendek. Bebek memiliki panjang sekitar 30 sampai 50 sentimeter dengan berat 1,5 kilogram.

Angsa berleher panjang memiliki panjang tubuh mencapai 150 sentimeter dengan berat hingga 12 kilogram, sedangkan angsa berleher pendek panjangnya sekitar 70 sampai 110 sentimeter dengan berat hingga 6,5 kilogram.

Leher

Bebek memiliki leher yang panjang, tapi tidak sepanjang angsa berleher pendek dan angsa berleher panjang. Angsa berleher panjang memiliki leher yang paling panjang dibandingkan yang lain.

Panjang leher angsa berleher pendek tergantung dari spesiesnya. Ada spesies yang panjang lehernya seperti bebek, ada yang lebih panjang daripada bebek, ada juga yang panjangnya hampir sepanjang leher angsa berleher panjang.

Sayap

Bebek, angsa berleher panjang, dan angsa berleher pendek sama-sama memiliki sayap dan bisa terbang. Sayap bebek pendek, kuat, dan membutuhkan gerakan yang cepat untuk terbang.

Sayap angsa berleher pendek juga pendek dan kuat, mereka dibantu oleh  otot sayap yang kuat saat terbang. Sayap angsa berleher panjang lebih panjang dan kuat, jika dikembangkan bisa mencapai 3 meter, lo. Wah, panjang sekali ya.

Warna Bulu