Tips Selamat di Jalan untuk Pejalan Kaki

By Putri Puspita, Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:15 WIB
Jalan kaki bersama teman-teman. (Putri Puspita)

Menikmati indahnya kota dengan berjalan kaki adalah salah satu kegiatan yang sehat, menyenangkan, dan dapat menyelamatkan lingkungan. Namun, para pejalan kaki perlu lebih menjaga keselamatan karena sampai saat ini angka kecelakaan pada pejalan kaki masih tinggi, yaitu 22%.

Berikut adalah tips bagi pada pejalan kaki.

Gunakan Fasilitas yang Ada

Fasilitas apa saja yang sudah disediakan untuk pejalan kaki?

Pertama, zebra cross dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Jika ingin menyeberang, pejalan kaki sebaiknya berada di zebra cross atau JPO. Dilarang menyeberang sembarangan karena itu berbahaya. Jika menyeberang di zebra cross, pejalan kaki sebaiknya memberikan isyarat dengan melihat rambu-rambu, menoleh ke kanan dan kiri, dan melambaikan tangan jika melihat ada kendaraan dari jauh.

Fasilitas lainnya adalah trotoar. Trotoar dibuat untuk tempat berjalan yang aman bagi pejalan kaki. Jadi, gunakanlah trotoatr dan hindari menggunakan badan jalan untuk berjalan kaki. Pilihlah arah yang berlawanan dengan arah kendaraan bermotor agar keberadaan kita lebih mudah disadari dan kita mudah melihat laju kendaraan.

Jangan Bermain Ponsel

Hal yang sering dilupakan adalah berhenti bermain ponsel saat berjalan kaki. Bermain ponsel bisa membuat kita tidak dapat melihat jalanan dengan baik. Konsentrasi berjalan pun jadi terganggu. Hal ini bisa berbahaya, mulai dari tersandung atau bahkan tidak menyadari rambu-rambu yang ada.

Penggunaan earphone juga berbahaya bagi pejalan kaki karena menghalangi untuk mendengar suara klakson, panggilan peringatan, atau suara lainnya.

Warna Baju yang Terang

Ketika berjalan di malam hari, usahakan menggunakan baju yang berwarna terang. Hal ini bertujuan agar para pengendara kendaraan bermotor mudah mengenali bahwa ada pejalan kaki yang sedang berjalan atau ingin menyeberang.

Bawa Payung, Masker, dan Minum