5 Kota Paling Berwarna di Dunia

By willa widiana, Selasa, 24 Oktober 2017 | 05:31 WIB
Burano, Venesia, Italia (willa widiana)

Setiap kota punya daya tarik yang berbeda-beda. Ada yang mengandalkan bangunan tuanya. Ada yang mengandalkan keberagaman budayanya. Ada juga yang mengandalkan warna. Yap, bangunan di kota ini dicat dengan warna yang indah. Keunikan itu pun jadi daya tarik tersendiri bagi kota tersebut. Berikut 5 kota paling berwarna di dunia!

1. Burano, Venesia, Italia

Burano adalah empat pulau kecil yang dihubungkan oleh jembatan. Saat musim dingin, tempat ini selalu ditutupi oleh kabut. Kabut itu membuat para warga yang bekerja sebagai pencari ikan kesulitan menemukan rumah mereka.

Untuk mengatasi masalah itu, para warga pun mengecat rumah mereka dengan warna cerah yang berbeda-beda. Tujuannya, supaya mereka mudah menemukan rumah saat kabut datang. Ternyata, cara itu berhasil.

Baca juga: 5 Kota yang Hilang

Semenjak itu, warga di Burano selalu mengecat rumah mereka dengan warna yang cerah. Saat ini ada peraturan baru. Sebelum mengecat rumah, warga harus meminta izin dulu kepada pemerintah. Jika warna yang mereka pilih diizinkan, barulah mereka mengecat rumahnya.

2. Santorini, Yunani

Santorini adalah pulau yang ada di sebalah tenggara Yunani. Pulau ini terdiri dari 15 desa. Rumah-rumah di pulau ini biasanya terbuat dari batu dan atapnya berbentuk bulat. Sejak abad ke-19, para warga selalu melapisi dinding rumahnya dengan kapur.

Alasan warga melapisi dinding dengan kapur adalah murah dan tahan lama. Sangat berbeda dengan cat. Kebiasaan itu membuat bangunan di pulau ini didominasi warna putih. Hal itu pun menjadi daya tari tersendiri bagi para wisatawan.

3. Willemstad, Curacao

Pada abada ke-19, daerah ini dipimpin oleh Gubernur Jenderal Albert Kikkert. Kala itu, gedung-gedung di Willemstad kebanyakan di cat warna putih. Namun, pantulan cahaya matahari dari gedung berwarna putih selalu membuat migrennya tambah parah.

Untuk mengatasi hal itu, beliau pun menyarankan warganya untuk mengecat gedung-gedung dengan warna yang cerah. Ternyata, kebiasaan itu masih berlangsung hingga saat ini. kini, kota kecil itu sudah ditetapkan sebagai kota warisan dunia.

4. Jodhpur, India