Kenapa Kepiting Jalannya Miring?

By Yomi Hanna, Kamis, 26 Oktober 2017 | 10:15 WIB
Kepiting berjalan ke samping, kenapa? (Hanna Vivaldi)

Hampir semua hewan di dunia yang mempunyai kaki, berjalan atau bergerak ke depan. Sementara itu kepiting berjalan miring ke samping. Kenapa, ya?

Kaki Kepiting Berada di Samping

Kaki kepiting berada di sisi kanan dan kiri tubuhnya, mirip seperti laba-laba. Namun yang berjalan miring hanya kepiting, sedangkan laba-laba tidak. Ini karena lutut yang ada di sisi samping kepiting, bengkok ke arah luar. Gerakan kakinya pun terbatas.

Menyesuaikan dengan Lingkungan dan Kebiasaan

Faktor lingkungan juga dapat memengaruhi gerakan kepiting. Kepiting menghabiskan hidupnya di timbunan lumpur atau pasir. Bentuknya yang oval membuatnya lebih mudah untuk berjalan ke arah samping. Lagi pula, kepiting juga bukan hewan yang membutuhkan gerakan cepat untuk mendapatkan makanan atau berlindung dari musuhnya. Dia hanya perlu bersembunyi di dalam lumpur atau pasir agar tidak terlihat oleh predator.

Kenapa Cara Jalan Laba-laba Tidak Sama dengan Kepiting?

Kaki laba-laba dan kepiting hampir sama, tapi kenapa laba-laba tidak berjalan ke samping juga seperti kepiting? Ini karena tidak semua kaki laba-laba berada di samping tubuhnya. Sebagian kaki mengarah ke depan, belakang, serta memiliki sendi yang lebih fleksibel. Inilah yang membuat mereka bisa berjalan lebih bebas ke beberapa arah dan tidak hanya berjalan ke samping seperti kepiting.