Kisah Penemuan Kembali Lobster Pohon

By Aan Madrus, Jumat, 27 Oktober 2017 | 04:15 WIB
Lobster Pohon (Aan Madrus)

Lobster pohon atau tree lobster atau Lord Howe Island stick insect adalah serangga  batang yang hidup di Pulau Lord Howe, Australia. Sejak tahun 1920 serangga yang nama ilimiahnya Dryococelus australis ini diperkirakan sudah punah. Namun pada tahun 2001 serangga ini telah ditemukan kembali. Ini kisah penemuannya!

Dimakan Tikus

Dulu lobster pohon dapat dengan mudah ditemukan di Pulau Lord Howe. Serangga itu sering ditangkap untuk dijadikan umpan pancing. Namun sejak tahun 1920, di pulau itu tidak ditemukan lagi lobster pohon hingga orang mengira serangga itu telah punah.

Diperkirakan, punahnya lobster pohon akibat kandasnya kapal SS Makambo dekat Pulau Lord Howe pada tahun 1918. Sebagian tikus yang berada di dalam kapal, mencoba menyelamatkan diri dengan cara berenang dan mereka berhasil mendarat di Pulau Lord Howe.  Di pulau itu, tikus-tikus  menangkap binatang untuk dimakan, antara lain lobster pohon.

Ditemukan di Pulau Batu

Dua puluh tiga kilometer di sebelah tenggara Pulau Lord Howe ada sebuah pulau yang terbuat dari sebongkah batu berbentuk piramida dengan kemiringan yang terjal. Pulau batu yang tingginya 562 meter itu namanya Ball’s Pyramide. Di pulau batu itu nyaris tidak tumbuh pepohonan.

Pada tahun 2001, ilmuwan Australia, David Priddel dan Nicholas Carlile beserta dua  asistennya melakukan perjalanan ke sana. Mereka mendaki lereng batu yang terjal, tapi mereka hanya menemukan jangkrik. Namun pada saat turun, mereka menemukan kotoran serangga besar di bawah semak Melaleuca, yaitu satu-satunya tanaman yang  tumbuh di situ.

Pohon itu tumbuh di celah-celah batu di ketinggian 100 meter di atas garis pantai. Untuk mengetahui serangga apa yang telah membuang kotoran di situ, mereka memutuskan untuk kembali ke tempat itu setelah gelap. Saat itu serangga aktif. Malam itu, mereka menemukan 24 ekor lobster pohon. Serangga itu tinggal di bawah tumpukan daun kering di bawah semak melaleuca. Sejak itu status lobster pohon berubah dari sudah punah menjadi sangat langka.

Dibudidayakan

Pada tahun 2003, tim peneliti dari New South Wales National Parks and Wildlife Service pergi ke Ball’s Pyramide. Mereka mengambil 2 pasang lobster pohon untuk dikembangbiakkan. Sepasang diserahkan kepada  peternak swasta di Sydney. Sepasang lagi dikirim ke Kebun Binatang Melbourne.

Menurut data tahun 2012, dari sepasang lobster pohon yang diserahkan ke Kebun Binatang Melbourne, sudah berkembang menjadi 1.000 ekor serangga dewasa dan 20.000 butir telur. Rencananya serangga itu akan dikembalikan ke Pulau Lord Howe. Namun sebelumnya, pulau itu harus dibersihkan terlebih dahulu dari tikus.

Dua Serangga yang Berbeda