Benarkah Jantung Berhenti Berdetak Saat Kita Bersin?

By Yomi Hanna, Kamis, 30 November 2017 | 07:45 WIB
Jantung tidak berhenti saat kita sedang bersin (Hanna Vivaldi)

Semua orang pasti pernah merasakan bersin. Saat bersin, ada yang percaya bahwa jantung sempat berhenti berdetak sebentar. Apakah ini benar?

Ada Benda Asing

Sebelum akhirnya kita bersin, di bagian hidung akan terasa seperti ada yang menggelitiki. Lalu setelah itu, ujung saraf mengirimkan sinyal ke otak yang menandakan bahwa ada yang menghalangi di jalan napas. Proses bersin adalah hal yang alami terjadi untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke hidung.

Baca juga : Bisakah Bersin dengan Mata Terbuka?

Proses Terjadi Bersin

Reaksi tubuh adalah bersiap untuk mengambil napas yang dalam lalu menekan dada. Tekanan tersebut meningkat di bagian paru-paru kita, yang terjadi kemudian adalah mata kita tertutup dan akhirnya kita pun bersin.

Jantung Berhenti Berdetak?

Tekanan besar di bagian dada dapat mengubah aliran darah yang secara otomatis mengubah detak jantung, membuatnya sedikit lambat. Lalu setelah bersin, detak jantung biasanya berdetak lebih kencang. Saat detak jantung melambat tadi, banyak yang mengira dan percaya bahwa jantung kita sedang berhenti sejenak. Jadi, sebenarnya jantung kita tidak berhenti berdetak, kok.