5 Fakta Seru Seputar Perayaan Halloween

By Yomi Hanna, Senin, 30 Oktober 2017 | 07:49 WIB
Fakta Seru Seputar Halloween (Hanna Vivaldi)

Di bulan Oktober di beberapa tempat, ornamen-ornamen Halloween sudah ramai terpasang. Tidak hanya itu, sebagian orang pun merayakannya dengan mengadakan acara pesta kostum, permainan, lomba-lomba, dan kegiatan yang menyeramkan lainnya. Di Indonesia, perayaan yang berasal dari budaya barat ini memang hanya dilakukan di kota-kota besar saja, salah satunya di Jakarta. Sebenarnya apa-apa saja fakta di balik perayaan Halloween ini, ya?

1. Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun yang Lalu

Perayaan ini dipercaya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan diduga pertama kali berlangsung di Irlandia. Sejak abad ke-16, orang-orang mulai rutin melakukan tradisi berjalan-jalan ke rumah tetangga menggunakan kostum sambil menyanyi untuk mendapatkan makanan. Tapi saat itu belum ada tradisi teriakan “Trick or treat!” untuk meminta permen seperti sekarang.

2. Dulunya Disebut Festival Samhain

Aslinya, Halloween ini merupakan festival kuno yang dinamakan Samhain dan dilakukan oleh etnis Gael. Festival ini dilakukan untuk merayakan musim panen yang telah berakhir. Nah, etnis Gael tersebut memiliki kepercayaan bahwa tanggal 31 Oktober adalah hari perbatasan antara dunia nyata dan kematian. Lalu, mereka juga percaya bahwa arwah-arwah akan datang ke dunia untuk membuat malapetaka bagi orang-orang yang masih hidup. Oleh sebab itu, etnis Gael berusaha melawan dan menakuti arwah gentayangan itu dengan menggunakan kostum dan topeng.

3. Warna Khas Halloween

Warna hitam dan oranye lebih sering terlihat saat Halloween. Ini karena warna oranye dipercaya sebagai simbol kekuatan dan daya tahan. Sedangkan warna hitam dianggap sebagai simbol kematian dan kegelapan. Dua warna ini juga sekaligus menandakan sebuah festival yang menandai perbatasan antara dunia nyata dan kematian.

4. Bisa Melihat Penyihir

Orang-orang yang ingin melihat penyihir sungguhan bakal menantikan Halloween tiba. Konon katanya ada cara ampuh untuk mewujudkan keinginan tersebut. Yaitu menggunakan pakaian terbalik lalu berjalan mundur di hari Halloween. Menurut tradisinya, cara tersebut akan membuat kita bisa melihat penyihir saat tengah malam. Hi...!

5. Perayaan Terbesar ke-3

Di Amerika, perayaan Halloween ini adalah pesta terbesar ke-3 sepanjang tahun setelah Tahun Baru dan pesta olahraga Superbowl Sunday.